Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Sabtu, 17 Oktober 2020, pukul 10.00-12.00 menyelenggarakan seminar daring yang bertema “Pembelajaran Sastra Era Teknologi Digital sebagai Respons Pembelajaran Jarak Jauh”. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meetings. Kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu perkuliahan sastra ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dan Koordinator Prodi PBSI, Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. Hadir pula, para dosen Prodi PBSI yaitu Dra. Sri Suhita, M.Pd., Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd., N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), Reni Nur Eriyani, M.Pd., Nur Sekhudin, S.Pd., M. Hum., dan Reni Oktaviani, M.Pd. Selain itu, partisipasi dari mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 pada kegiatan ini.

Pewara dalam kegiatan ini yaitu mahasiswa Prodi PBSI angkatan 2017, Muhammad Suwandi. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Dekan FBS UNJ. Selanjutnya, sesi foto bersama dan pembacaan puisi oleh dosen Prodi PBSI, Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. Moderator dalam kegiatan ini, dosen Prodi PBSI, Etsa Purbarani, M.Pd. Narasumber dalam kegiatan ini, Dosen Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Wiyatmi, M.Hum.

Materi yang disampaikan mengenai Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi, Pembelajaran Jarak Jauh di Era Teknologi Digital, dan Pembelajaran Sastra Jarak Jauh di Perguruan Tinggi di Era Teknologi Digital Menuju Kampus Merdeka. Beliau memaparkan bahwa pembelajaran sastra di perguruan tinggi bagian dari interaksi antara mahasiswa sebagai pembelajar dengan dosen dalam transfer pengetahuan dan mengembangkan keterampilan, serta sikap yang berhubungan dengan kesusastraan yang diselenggarakan secara terprogram. Beliau juga menjelaskan tentang e-learning, komponen e-learning, aplikasi untuk komunikasi jarak jauh dalam mengajar, skenario PBM, dan lainnya. Setelah pemaparan materi dilakukan sesi tanya jawab. Tidak hanya mahasiswa, dosen Prodi PBSI pun antusias menanyakan hal yang berkaitan dengan sastra kepada narasumber. Kegiatan ini ditutup oleh Koorprodi PBSI. (RO)