Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) menggelar lomba baca puisi virtual, kali ini diperuntukkan bagi pelajar tingkat SD hingga Universitas yang berdomisili di DKI Jakarta. Lomba baca puisi ini bekerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta, dan mendapat dukungan penuh dari Bank DKI dan PD Pasar Jaya. Tujuan dari acara ini untuk memberikan ruang berkreativitas untuk pelajar dan mahasiswa dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI. Harapannya, dengan format lomba virtual ini, siswa dan mahasiswa dapat lebih rileks dan mengapresiasi karya puisi di tengah pandemi Covid-19.

Pada tingkat SMA/SMK/MA/Universitas, perlombaan dijuarai oleh Fauzi Afriansyah, salah seorang dari alumni mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Ia mendapat anugerah Juara Pertama dan Juara Favorit Lomba Baca Puisi Virtual 2020 dari Lembaga Kebudayaan Betawi. Mekanisme pemilihan juara pada lomba ini, keseluruhan video peserta dinilai dan kemudian ditentukan 6 juara utama dan 5 juara terpuji, kemudian keseluruhan juara berhak untuk mengikuti ajang pemilihan sebagai juara favorit yang diambil berdasarkan jumlah views, like, dan, comment di youtube.

Membawa pulang Piala Bang Ipul (Sekda Provinsi DKI Jakarta) dan Piala Bang Iwan (Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta), Fauzi berharap ajang ini akan terus diadakan untuk ke depannya agar semakin banyak menjaring dan memberikan motivasi untuk para pembaca puisi, khususnya para pelajar di DKI Jakarta. Lomba ini diadakan sejak 26 September hingga pembagian hadiah pada 9 Oktober 2020 bertempat di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Para juara diberikan penghargaan berupa sertifikat juara, piala, dan sejumlah uang sebagai bentuk pembinaan kepada para peserta.