Pada Senin, 14 September 2020, pukul 08.00-10.00 melalui youtube, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan secara daring. Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan ini secara bertatap muka. Kegiatan yang bertema “Melalui Merdeka Belajar Kita Tingkatkan Cipta, Rasa, dan Karsa Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0” ini akan dilaksanakan hingga 18 September 2020.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Beliau menjelaskan bahwa perguruan tinggi didorong untuk lebih adaptif dalam melakukan transformasi kurikulum, sesuai kebutuhan nasional dan global, serta disesuaikan dengan karakteristik generasi mahasiswa Indonesia. Pada masa lalu, mahasiswa tidak memiliki fleksibilitas dalam belajar. Semua belajar dimaknai secara klasikal dengan SKS sehingga kegiatan mahasiswa di luar kampus tidak diakui. Sekarang kegiatan luar kampus dianggap sebagai solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat. Kampus merdeka mendorong seseorang untuk belajar sepanjang hayat. Pendidikan adalah kunci solusi atas krisis pembelajaran yang dihadapi berbagai bangsa. Selamat berkarya. Salam kampus merdeka.

Selanjutnya, menyanyikan Mars UNJ. Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si., memberikan sambutan tentang PKKMB. Pertama, beliau memberikan sambutan selamat datang kepada mahasiswa baru yang diterima di UNJ. Mahasiswa sudah seharusnya mengenal semua organisasi kemahasiswaan dan semua program yang dikembangkan di kemahasiswaan. Beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru dengan cara menjadi yang terbaik dengan sungguh-sungguh dalam belajar dan berusaha.

Dalam pembukaan PKKMB ini, para pimpinan menjelaskan perannya di lingkungan UNJ. Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Prof. Dr. Suyono, M.Si., memaparkan bahwa tugasnya bertanggung jawab memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan akademik bagi seluruh civita akademika UNJ. Contoh tugas berupa penjadwalan perkuliahan, KRS dan KHS, serta pelaksanaan dan evaluasi perkuliahan. Beliau berharap semua mahasiswa baru dapat mengikuti kegiatan akademik dengan baik sehingga memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.