Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa, 15 September 2020, pukul 08.00-14.00. Kegiatan yang bertema “Melalui Merdeka Belajar Kita Tingkatkan Cipta, Rasa, dan Karsa Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0” ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Wadek I, Wadek II, Wadek III, Senat FBS, Koorprodi dari 13 prodi di lingkungan FBS, Kepala Bagian Tata Usaha FBS, Kasubag FBS, Dosen Pembimbing BEM FBS, Dosen Pendamping PKKMB, dan Dosen FBS. Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta dosen Prodi PBSI, Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd., Nur Sekhudin, S.Pd., M. Hum., dan Reni Oktaviani, M.Pd., hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diawali dengan doa. Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ. Mural seni rupa dan tari virtual juga dipertunjukkan dalam kegiatan ini. Kemudian, sambutan Ketua PKKMB FBS dan Ketua BEM FBS. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Beliau memperkenalkan pimpinan fakultas dan prodi serta secara resmi membuka PKKMB FBS UNJ 2020. Selain itu, dipersembahkan puisi, lagu, dan puisi berantai. Puisi berantai ditampilkan oleh mahasiswa Prodi PBSI yang berperan sebagai pembawa berita, pengemis, atlet, dan cinta.

Hymne UNJ dan totalitas perjuangan juga ditampilkan dalam kegiatan ini. Tidak ketinggalan ice breaking dilakukan dalam kegiatan yang akan diselenggarakan selama dua hari ini. Selain itu, dilaksanakan pengenalan program BEM dan BPM FBS. Kegiatan ini berlanjut dengan forum diskusi terpumpun. (RO)