Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan MGMP Bahasa Indonesia SMK Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) dengan tema Penyusunan Soal Berbasis HOTS dan Kompetensi PISA pada Sabtu, 12 September 2020, pukul 09.00-12.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., dan dosen Prodi PBSI, Reni Oktaviani, M.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Koorprodi PBSI FBS UNJ. Moderator dalam kegiatan ini yaitu mahasiswa prodi PBSI, Muhammad Suwandi. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Dosen Prodi PBSI, Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd. Beliau menjelaskan tentang HOTS yang meliputi berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan membuat keputusan. Selain itu, dipaparkan pula model-model HOTS disertai dengan contoh soalnya. Beliau juga mengemukakan salah satu contoh soal model Ennis berupa menganalisis argumen.

Narasumber lain dalam kegiatan ini yaitu Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMK Provinsi DKI Jakarta, Dra. Lilik Musyarofah, M.Pd., dan Dosen Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Yeti Mulyati, M.Pd. Materi yang disampaikan mengenai Diseminasi Hasil Diklat Simulasi Kompetensi PISA. Hal pertama yang dipaparkan tentang manfaat PISA yang berfungsi untuk mendapatkan data-data perkembangan pendidikan secara akurat dan uji PISA. Selain itu, strategi pembelajaran efektif dari PISA dengan cara melibatkan siswa dalam pengajaran membaca, menjelaskan kepada siswa bahwa merangkum berbeda dengan menyalin, dan memperkaya jenis bacaan dengan mengajak siswa untuk gemar membaca dalam mengisi waktu luang. Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab. (RO)