Kegiatan Bedah Buku Literasi dan Lomba Literasi Siswa

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ mengadakan Kegiatan Bedah Buku Literasi dan Lomba Literasi Siswa dalam Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Cinyosog 01 Cileungsi, pada Sabtu, 1 Oktober 2016. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 09.00-17.00.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III  FBS Dra, Sri Suhita M.Pd, Ketua Prodi PBSI N. Lia Marliana S.Pd, M.Phill, Pengawas Sekolah Gugus 04 Cileungsi, Ketua Kelompok Kepala Sekolah, pars Kepala SDN dari Kelurahan Cipenjo dan Kelurahan Pasirangin , BEMP PBSI,  para guru, dan siswa dari berbagai sekolah di Cileungsi, Bogor, serta Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Para pendidik dan peserta didik menyambut kehadiran seluruh keluarga Prodi PBSI dengan baik. Kegiatan pada pagi yang cerah itu dibuka oleh N. Lia Marliana M.Pd, M.Phill selaku Kaprodi PBSI.

Mahasiswa Prodi PBSI kelas 3-PB-1 menjadi pembicara dalam kegiatan bedah buku ini. Pembicara dibagi menjadi 5 kelompok. Buku-buku yang dibedah adalah buku “Quantum Writing” Karya Hernowo, buku “Menjadi Penulis, buku “Pengarang Cilik”, buku “Membaca Ekspresif”, buku “Aku Bisa” dan buku “Quantum Reading”, serta buku “Mengikat Makna”.

Kegiatan bedah buku berjalan dengan lancar dan kondusif. Kelompok satu menyampaikan materi tentang Quantum Writing Karya Hernowo, Buku tersebut memberikan pedoman dalam mengembangkan potensi diri terkait menulis. Kelompok kedua menyampaikan materi tentang buku “Membaca Ekspresif dan buku “Menjadi Penulis dan Pengarang Cilik” yang ditulis oleh Naning Pranoto. Buku tersebut menjelaskan langkah-langkah menulis dan mengarang, perbedaan penulis dan pengarang, perbedaan menulis fiksi dan nonfiksi, cara membedah tubuh tulisan dan langkah-langkah menulis, serta cara menciptakan naskah.

Buku berjudul “Aku Bisa” dijelaskan oleh kelompok 3. Materi buku tersebut mengenai proses dan tahapan yang menghasilkan sebuah perubahan. Anak-anak dapat menjadi agen perubahan positif jika diberi kesempatan untuk tumbuh dengan segala daya, rasa ingin tahu, dan potensi diri.

Kelompok 4 memaparkan isi buku “Quantum Reading”. Buku yang dipaparkan tersebut menambah wawasan pengetahuan bahwa ketika membaca buku kita harus menanamkan sugesti positif di dalam diri sehingga kegiatan membaca buku dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar. Sementara itu , Kelompok 5 membedah kiat-kiat untuk membaca, memahami bacaan, kiat-kiat untuk menulis, ilustrasi dan kata-kata bijak yang menambah semangat pembaca buku.

Seluruh materi yang dipaparkan oleh pembicara sangat bermanfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa guru aktif bertanya dan pertanyaan para guru tersebut  dijawab dengan baik oleh para pembicara. Setiap peserta yang aktif bertanya diberikan hadiah oleh pembicara sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta yang aktif dalam kegiatan tersebut.

Setelah seluruh pembicara memaparkan materi tentang buku-buku literasi, para pembicara berfoto bersama para pendidik dengan wajah ceria dan bahagia.
Kegiatan Bedah Buku dan Lomba Literasi Siswa dalam Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Cinyosog 01 Cileungsi, Bogor diisi dengan pemberian hadiah kepada para pendidik berprestasi serta peserta didik berprestasi yang mengikuti dan memenangkan perlombaan yang diselenggarakan Prodi PBSI.

Setelah pemberian hadiah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama yang menambah kebahagiaan diraut wajah seluruh peserta kegiatan pada hari itu. Kaprodi PBSI menutup kegiatan tersebut dengan ucapan penuh syukur dan rasa terima kasih. Hari yang sungguh bermanfaat telah dijalani dengan kegiatan yang memberikan kebermanfaatan dan kebahagiaan bagi banyak orang.(kris)