Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Kamis-Jumat, 3-4 September 2020, pukul 08.00-21.00 menyelenggarakan lokakarya di Hotel Haris Sentul, Bogor. Lokakarya ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, 13 Koorprodi di lingkungan FBS, Ketua GPjM FBS, Sekretaris GPjM FBS, GPjM FBS, Staf Keuangan dan Akuntasi FBS, serta Staf Umum, Kepegawaian, dan BMN. Hadir pula, Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.

Agenda dalam lokakarya tersebut meliputi Lokakarya Penelitian dan P2M, Perkuliahan Daring Semester 113, serta Kurikulum FBS UNJ. Lokakarya ini dipimpin oleh Dekan dan Wakil Dekan I FBS UNJ. Salah satu materi yang dipaparkan mengenai latar belakang penyusunan peta jalan penelitian yang dibutuhkan untuk menghasilkan penelitian yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemaslahatan orang banyak. Adapun tujuan peta jalan penelitian untuk menjalin keterkaitan penelitian FBS dengan penelitian UNJ dan nasional. Selain itu, memberikan acuan, arah pemilihan, pengembangan topik penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan seni serta bidang kebahasaan, kesastraan, dan kesenian. Menyiapkan spesialisasi dan kepakaran dosen dalam bidang ilmu tertentu berdasarkan keterpumpunan penelitian juga menjadi salah satu tujuan peta jalan ini.

Peta jalan disusun dengan berlandaskan pada Agenda Riset Nasional dan Rencana Induk Riset Nasional dari Kemenristek Dikti dan Rencana Induk Penelitian UNJ. Peta jalan penelitian 2021, tidak ada lagi penelitian dan P2M yang tidak menghasilkan produk. Selain itu, membuat kelompok serta persyaratan akan diperketat sehingga tidak harus menjadi ketua dalam penelitian dan P2M. Pembahasan lainnya mengenai ujian skripsi dapat dilakukan sepanjang semester. (RO)