Plaza UNJ dipenuhi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) pada Jumat 23 September 2013. Pada pukul 15.30 diadakan Pembukaan Keberangkatan Peserta PKMP PBSI 2016 dalam rangkaian kegiatan Getar Indonesia.

Langit yang sedikit mendung tidak meruntuhkan semangat para peserta untuk tetap berkumpul di Plaza UNJ. Pewara yang bertugas, yaitu Humaedi dan Tina Irawati memulai kegiatan dengan sapaan hangat kepada para peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Wisnu Ismaya, selaku Ketua Pelaksana PKMP PBSI, yang memberikan sepatah dua patah kata kepada para peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan  Ketua BEMP PBSI, Achmad Arif Abdillah, yang memberikan sambutan penyemangat kepada para peserta. Sementara itu, Dosen pembimbing BEMP PBSI, sudah berangkat lebih dahulu ke lokasi PKMP sebagai tim advance.

Setelah sambutan, dilaksanakan pengumpulan tugas individu oleh Divisi KDSP, dilanjutkan dengan Battle Yel-yel antarkelompok. Kemudian, kegiatan sore itu ditutup oleh pewara dan dilanjutkan dengan persiapan panitia dan peserta untuk keberangkatan menuju Villa Rezeki, Cisarua, Bogor. (Sfr)