Pada Senin, 24 Agustus 2020, pukul 11.00-12.30 WIB, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Promosi Doktor Linguistik Terapan melalui Zoom Meeting. Acara ini merupakan promosi doktor salah satu dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Koorprodi PBSI, Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para Dosen Prodi PBSI yaitu Dra. Sri Suhita, M.Pd., Dr. Fathiyati Murtadho, M.Pd., N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), Edi Puryanto, M.Pd., Reni Nur Eriyani, M.Pd., Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd., Etsa Purbarani, M.Pd., dan Reni Oktaviani, M.Pd., untuk memberikan dukungan kepada beliau.

Dalam promosi doktor ini, Ketua, Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si. Guru Besar sekaligus Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd., sebagai sekretaris. Promotor sekaligus Guru Besar UNJ, Prof. Dr. Emzir, M.Pd., dan Ko-Promotor sekaligus Koordinator Program Studi S3 Linguistik Terapan, Dr. Ninuk Lusyantie, M.Pd. Penguji dalam acara tersebut yaitu Guru Besar UNJ, Prof Yumna Rasyid, M.Pd., dan Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., serta Penguji Luar, Guru Besar Universitas Negeri Malang, Prof, Dawud, M.Pd.

Dalam acara tersebut, Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd., memaparkan disertasinya yang berjudul Aspek Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Latar belakang dalam penelitian ini meliputi amanat kurikulum tentang misi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sarana pengembangan penaralan, masalah yang dihadapi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, kajian tentang aspek tata bahasa berdasarkan tata bahasa pendidikan belum dipahami guru, perubahan kurikulum yang mengarah kepada aspek pengetahuan dan keterampilan, sumber kompetensi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, serta aspek tata bahasa dalam dimensi kebahasaan berdasarkan tata bahasa Indonesia dan pendidikan. Dalam mempertahankan disertasinya, beliau menjelaskan bahwa tata bahasa dan gramatikal itu berbeda. Hasil penelitian yang dijelaskan bahwa aspek tata bahasa yang dikembangkan dalam buku pelajaran meliputi berbagai komponen dimensi kebahasaan, ditempatkan dalam kompetensi komunikatif, dan disajikan dalam keterampilan berbahasa.

Selama acara berlangsung, beliau didampingi oleh kedua anak laki-lakinya. Setelah dibacakan Surat Keputusan Nomor: 3984/UN39.5.PS/KM/2020, beliau berhak menggunakan gelar Doktor-nya. Selamat untuk Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd. (RO)