Pada Minggu-Senin, 30-31 Agustus 2020, dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan ini dilakukan secara blended (campuran), secara tatap muka dan tatap maya, sinkronis dan asinkronis. Pada hari pertama, dilakukan kegiatan Pelatihan Penyusunan RPP Merdeka Belajar Berbasis Karakter dan Keterampilan Abad 21 di SDN Cinyosog 01 Cileungsi dimulai pukul 09.00-12.00 dengan menggunakan zoom dan juga secara langsung pelatihan di sekolah dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19. Ketua tim kegiatan ialah N. Lia Marliana, sekaligus sebagai narasumber. Narasumber tamu dari Prodi PGSD FIP UNJ ialah Yustia Suntari. Keduanya memberikan materi pelatihan menyusun RPP Merdeka Belajar dengan Berbasis Karakter dan Keterampilan Abad 21 kepada Kepala SDN Cinyosog 01 Cileungsi dan seluruh gurunya sejumlah 14 guru.

Kegiatan pelatihan diawali pewara yang merangkap moderato (Ning Idja Jasman) pada pukul 09.00 dan dilanjutkan laporan Ketua Tim P2M, N. Lia Marliana. Setelah sambutan kepala sekolah, Koorprodi PBSI kemudian menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan melalui zoom. Kegiatan pelatihan pun dimulai dengan paparan konsep Merdeka Belajar, Pendidikan Karakter, dan Keterampilan Abad 21 oleh N. Lia Marliana, kemudian penjelasan narasumber kedua Yustia Suntari mengenai penyusunan RPP Merdeka Belajar Berbasis Karakter dan Keterampilan Abad 21. Pada sesi tanya jawab terlihat antusiasme para peserta. Pada akhir kegiatan dilakukan pemberian hadiah buku bagi 5 guru sebagai peserta paling aktif, paling bagus pertanyaannya, dan paling membantu peserta lain. Sebelum ditutup, ada pemberian bantuan uang dari Ketua Tim P2M Prodi PBSI kepada kepala sekolah untuk menambahkan membeli printer sekolah. Sertifikat dibagikan kepada peserta pada hari kedua.

Pelatihan pada hari kedua dilakukan secara asinkronis. Para peserta menyusun RPP Merdeka Belajar di rumah masing-masing dan diserahkan kepada narasumber melalui whatsapp. Umpan balik narasumber kepada peserta pun dilakukan melalui whatsapp. Pada akhir hari kedua pelatihan, dilakukan pemberian sertifikat elektronik kepada semua peserta dan pengisian angket umpan balik peserta melalui google form yang dikirimkan via whatsapp. Hasilnya, para peserta menyatakan sangat bermanfaat mengikuti pelatihan ini karena belum pernah memperoleh informasi sebelumnya mengenai Merdeka Belajar. Para peserta mengharapkan akan terus dapat terlibat dalam kegiatan P2M Prodi PBSI FBS UNJ berikutnya terkait peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran. (nlm)