Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ kali ini mendapatkan kepercayaan kembali melaksanakan hibah. Setelah beberapa waktu lalu berhasil memperoleh Hibah IMHere pada 2007 dan Hibah Kurikukum KKNI pada 2012, kini pada 2016 Prodi PBSI memenangkan Hibah Revitalisasi Kurikulum.

Pada Jumat, 23 September 2016 pukul 09.00-11.00 di Gedung Pusat Studi Sertifikasi Guru Lt 4 UNJ, dilaksanakan  rapat. Selain dihadiri Ketua Prodi PBSI bersama wakil tim pengembang prodi, Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si., rapat juga dihadiri oleh Ketua Prodi Pendidikan Anak Usia Dini; Pendidikan Geografi; Pendidikan Tata Boga; Pendidikan Ekonomi; Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi; serta Pendidikan Matematika.

Rapat tersebut dilaksanakan berdasarkan surat dari Ditjen Belmawa No.336/B2.1/Und/2016 tanggal 13 September 2016 perihal Pengumuman Pemenang Hibah Revitalisasi LPTK Tahun 2016. Oleh sebab itu, LPP UNJ mengundang tujuh Ketua Prodi untuk Rapat Awal Hibah Revitalisasi LPTK dalam rangka persiapan kegiatan pengembangan kurikulum prodi kependidikan, yang akan di Gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru Lt 4 UNJ.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas, Dr. Asep Supena, M.Psi. memandu rapat ini dan menjelaskan ikhwal hibah revitalisasi kurikulum yang berhasil dimenangkan tujuh prodi di UNJ. Pada Juli 2016 Tim Pengembang Kurikulum UNJ telah menyusun proposal dan mengirimkan ke Kemenristekdikti setelah sebelumnya menginventarisasi Kurikulum tujuh prodi di UNJ beserta RPS-nya. Setiap fakultas diwakili oleh satu prodi pendidikan yang memenuhi persyaratan hibah revitalisasi, di antaranya memiliki studio microteaching, rasio dosen dan mahasiswa, sarana prasarana memadai, dan lain-lain. Terdapat dua tagihan dalam hibah ini, yaitu laporan dokumen kurikulum prodi (yang disusun prodi) dan dokumen sistem manajemen pembelajaran (yang disusun UNJ). Laporan revitalisasi kurikulum ini harus diserahkan selambatnya 25 November. Hal ini berarti, selama kurun dua bulan dari sekarang, tujuh prodi yang diamanahi hibah ini harus segera melaksanakan workshop revitalisasi kurikulum dan peninjauan RPS dengan melibatkan semua dosen di prodi. (nlm)