Kegiatan Pra-PKMP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sabtu, 17 September 2016, di Aula Gedung CD diadakan kegiatan Pra-Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi (PKMP) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) oleh BEMP PBSI FBS UNJ. Pra-PKMP ini merupakan kegiatan persiapan untuk mahasiswa baru yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan kepemimpinan. Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00-14.00 WIB.

Wakil Dekan III FBS dan Ketua Prodi PBSI berhalangan hadir karena sedang mengisi kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Cileungsi. Demikian pula dengan Dosen Pembimbing BEMP PBSI yang berhalangan hadir karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan demikian, Wisnu Ismaya sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Pra-PKMP hanya menyampaikan laporan kegiatan di hadapan BPH BEMP PBSI. Setelah itu, sambutan dari BPH BEMP PBSI, Fathur mewakili Ketua BEMP PBSI.

Kegiatan ini dipewarai oleh Tina Irawati dan Ricky Asep. Berbagai materi dan hiburan yang menarik disuguhkan di dalam acara tersebut. Kegiatan ini melibatkan Dicky Septian Pratama sebagai narasumber pertama. Beliau mengajak salah satu dari mahasiswa baru untuk menjadi moderator beliau.Terlihat antusias yang sangat menarik dari para peserta yang hadir. Seorang mahasiswi berani tampil ke depan dan menerima ajakan Dicky dengan raut wajah yang bahagia.

Dicky Septian Pratama  menyampaikan materi tentang Public Speaking. Untuk menjadi seorang pembicara di depan umum,  pembicara harus mampu menghanyutkan semua orang pada jalan pikiran pembicara dan harus memberikan senyuman karena senyuman bisa menghadirkan suasana yang baik. Kemudian beliau memberikan pertanyaan kepada peserta tentang tujuan peserta mengikuti pendidikan di Universitas.  Beberapa peserta memberikan jawaban dengan penuh semangat.

Pemateri menjelaskan bahwa tujuan kuliah adalah mencari ilmu dan mengikat ilmu, mempengaruhi orang-orang menjadi lebih baik, serta mampu mengendalikan diri. Setiap individu penting untuk memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara personal atau interpersonal. Cara yang tepat untuk melatih public speaking, yaitu dengan praktik, evaluasi, berani tampil di depan banyak orang dengan membina mental, serta membangun citra positif di dalam diri. Setelah beliau menyampaikan materi, mahasiswa baru mengajukan pertanyaan tentang cara menghilangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum, kemudian Dicky memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut dan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa yang berani bertanya tersebut.

Berbagai permainan menarik diadakan oleh panitia dari BEMP PBSI, permainan tersebut melibatkan panitia dan peserta yang menghadiri acara tersebut. Semuanya akrab dan tentunya memancarkan senyum kebahagiaan di wajah masing-masing.

Narasumber kedua adalah Ilham Mubarak. Beliau menyampaikan materi tentang “Mimbar Akademik”. Materi tersebut menambah wawasan pengetahuan serta menumbuhkan semangat baru bagi peserta. Setelah rehat siang, panitia dan KDSP dari BEMP PBSI menyampaikan sosialisasi atribut, penugasan, dan Perlengkapan PKMP. Doa dan salam penutup pewara mengakhiri kegiatan Pra-PKMP ini. (Kris)