Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kelas Daring dan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Guru-guru Bahasa Arab di Kabupaten Majalengka

[easingslider id=”839″]

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi dan merespons tuntutan pelaksanaan pembelajaran secara daring di masa pandemi COVID-19, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta yang diwakili dua orang dosennya yaitu Ahmad Marzuq, M.Pd. dan Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi pengelolaan kelas daring dan pembuatan media pembelajaran berbasis komputer bagi guru-guru bahasa Arab yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tujuh hari dari tanggal 28 Agustus 2020 sampai dengan 4 September 2020. Pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan flatform Zoomi Cloud Meeting dan Google Classroom sebagai media pelatihannya. Rangkaian kegiatan dimulai dengan seminar daring melalui Zoom yang mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kelas Daring dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer MGMP Bahasa Arab Kabupaten Majalengka. Kegiatan seminar ini dilaksanakan mulai jam 09:00-11:30 WIB melalui Zoom.

Sesuai temanya, materi seminar yang disampaikan adalah terkait pengelolaan kelas daring dalam hal ini dengan penggunaan Google Classroom dan pembuatan media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Quizizz. Tidak hanya pemberian materi, kegiatan seminar yang merupakan pengantar kegiatan ini juga disertai dengan kegiatan tutorial pengelolaan kelas dan pembuatan media. Luaran yang diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini adalah penguasaan kompetensi dalam pengelolaan kelas daring serta pembuatan media pembelajaran bahasa Arab berbasis komputer. Untuk mencapai luaran tersebut, pemateri melakukan pendampingan materi dan praktik melalui Google Calssroom dan melakukan evaluasi di akhir bagi setiap peserta.

Antusias kegiatan pelatihan ini sangat baik, tercatat ada 81 peserta yang berperan aktif dalam kegiatan ini, antusiasme ini bahkan tetap dipertahankan meskipun kegiatan telah berakhir. Salah satu bentuk antusiasme juga dibuktikan dengan testimoni peserta yang mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. Sebagai contoh, Ibu Nurhasanah salah satu peserta menyampaikan terima kasih banyak kepada pemateri maupun lembaga yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan pengelolaan kelas daring dan pembuatan media pembelajaran bahasa Arab, sebab menurutnya kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan guru-guru bahasa Arab saat ini tetapi jarang dilaksanakan (IRB).

Scroll to Top