PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENGGELAR WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU AGAMA DI KABUPATEN TANGERANG

[easingslider id=”826″]

Pada hari Sabtu, 25 Juli 2020, tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta, bekerjasama dengan Yayasan Tarbiyyah Darul Hikmah, Cisauk, Kab. Tangerang, menggelar workshop untuk para guru. Kegiatan workshop ini mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Guru Agama Kabupaten Tangerang dalam Menghadapi Era Industri 4.0 Bidang Media Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaannya, workshop ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Cisauk, Kab. Tangerang, dengan peserta sekitar 30 orang guru dari berbagai sekolah yang ada di Kab. Tangerang.

Kegiatan workshop ini merupakan rangkaian dari dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan tersebut, yaitu (1) Peningkatan profesionalisme guru bahasa Arab di Kabupaten Tangerang melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang diketuai oleh Bapak Dr. Nuruddin, M.A.; dan (2) Peningkatan kompetensi guru sekolah agama Kabupaten Tangerang bidang media pembelajaran, yang diketuai oleh Bapak Andri Ilham, S.S., MA.Hum. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan dalam bentuk ceramah dan penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif. Di akhir sesi, peserta diberikan pendampingan tentang pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penggunaan media pembelajaran berbasis internet dan aplikasi smartphone.

Setelah acara pembukaan, sesi pertama dimulai pada pukul 09.30–11.00 WIB dengan penyampaian materi oleh Bapak Dr. Nuruddin, M.A. Pada sesi ini, para peserta diberikan pemahaman tentang bagaimana mendesain sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).  Materi ini diberikan agar para guru dapat memetakan problem yang mereka hadapi ketika melakukan proses mengajar di kelas, kemudian merencangnya ke dalam proposal penelitian. Di akhir sesi ini, para peserta diberikan pendampingan mendesain proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Para peserta diberikan tugas untuk mengerjakannya dengan dibagi ke dalam 5 kelompok, dan masing-masing kelompok berjumlah sekitar 6 orang. Adapun tugas yang diberikan, yaitu (1) mendeskripsikan masalah yang ada dalam pembelajaran di kelas dan mengelaborasi sampai menemukan akar masalah (diagnosis); (2) merumuskan masalah secara sistematis (dengan variabel bebas dan variabel terikat). Jika masalahnya kompleks, memilih salah satu yang paling penting; (3) menuliskan tindakan yang akan dilakukan (terapi); menjelaskan siklus-siklusnya.

Sesi kedua dimulai pada pukul 13.00–15.00 WIB, setelah waktu istirahat, salat, dan makan. Pada sesi ini materi yang disampaikan terkait tentang pemanfaatan media pembelajaran. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Andri Ilham, S.S., MA.Hum. tentang inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan multimedia, dan materi kedua disampaikan oleh Bapak Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. tentang pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi Quizlet. Adapun materi inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan multimedia yang disampaikan, yaitu: (1) ruang lingkup dan fungsi media pembelajaran; (2) klasifikasi media pembelajaran; cetak, komputer, elektronik dan digital; (3) pembelajaran inovatif berbasis multimedia. Terakhir, di sesi materi ini, para peserta diberikan kesempatan untuk menjawab soal-soal materi bahasa Arab dan agama Islam dengan menggunakan aplikasi Quiziz dan Kahoot; aplikasi web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kemudian, para peserta juga diberikan pendampingan dalam melakukan langkah-langkah bagaimana membuat soal-soal tes melalui dua aplikasi tersebut untuk diterapkan kepada siswa ketika dalam proses belajar mengajar di kelas.

Kemudian, jika pada materi sebelumnya, aplikasi yang digunakan adalah Quiziz dan Kahoot, aplikasi yang diperkenalkan adalah Quizlet, situs web gratis yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran bagi siswa. Quizlet juga memuat latihan dalam bentuk flashcard dan pertanyaan interaktif yang dikemas dalam game-based learning mode. Materi ini disampaikan oleh Bapak Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. dengan sistem daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Adapun materi yang disampaikan terkait dengan penggunaan aplikasi Quizlet dalam proses pembelajaran jarak jauh. Quizlet merupakan pembelajaran daring berbasis smartphone yang cocok digunakan untuk peserta didik di berbagai tingkatan (and).

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/