Pekan Pengabdian pada Masyarakat Dosen PBA

[easingslider id=”814″]

Jakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta (Prodi PBA UNJ) melakukan 4 kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sekaligus dengan bermitra 2 lembaga MGMP Banten dan Pendidikan Dasar Ulama Majelis Ulama Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari setiap kampus di Indonesia dibidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M). Kegiatan ini dilakukan oleh Tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan tujuan meningkatkan kualitas masyarakat. Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd dan Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd keduanya menyampaikan pentingnya European Profiling Grid (EPG) dan Nilai Interkultural Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.  

Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd  menyampaikan harapan terdapat peningkatan pemahaman dan pengetahuan para guru Bahasa Arab yang tergabung dalam MGMP Bahasa Arab provinsi Banten tentang interkultural berbasis Europan Profiling Grid (EPG)dalam pembelajaran bahasa Arab. Terdapat peningkatan dalam wawasan mengimplementasian teori-teori interkultural dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas dan proses belajar mengajar di sekolah. Kesadaraan dalam menyikapi permasalahan sosial yang ada di lingkungan para guru Bahasa Arab yang tergabung dalam MGMP Bahasa Arab provinsi Banten  dapat meningkat.

Dr. Romdani, M.Pd menyampaikan materi upgrading peserta diklat PDU (Pendidikan Dasar Ulama) untuk menghadapi era industri 4.0 dengan e-dakwah dan e-resources di Penggilingan Cakung Jakarta Timur DKI Jakarta. Diharapkan meningkatnya kesadaran mahasiswa PDU MUI Jakarta Timur keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan e resource seperti melalui web dan e-library yang selalu aktual dan mudah diakses di mana pun dan kapanpun. Tersebarnya pemahaman mengenai e-resource dan e‑dakwah di kalangan mahasiswa PDU sehingga dapat menbantu persiapan materi dakwah dan pelaksanaan dakwah itu sendiri yang lebih luas melalui media sosial.

Pembicara terakhir Drs. Moh. Aziz Ritonga membawakan judul Penerapan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia bagi Guru Bahasa Arab di MGMP Banten. Teknologi Pembelajaran yang dimaksud lebih spesifik adalah Telegram. Telegram yang selama ini hanya digunakan untuk berbagi pesan, ternyata memiliki fitur untuk pembelajaran seperti polling dan tes.

P2M merupakan salah satu kewajiban setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Berdasarkan Pasal 20 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan dan mengembangkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, di samping pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh para guru Bahasa Arab yang tergabung dalam MGMP Bahasa Arab provinsi Banten dan peserta diklat PDU (Pendidikan Dasar Ulama). Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan ini memiliki relevansi dengan kebutuhan para guru dan mahasiswa diklat. Selain itu, ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi terupdate yang terjadi di kalangan masyarakat dan peran guru dan perserta diklat dapat lebih dioptimalkan sebagai pengajar ataupun pendakwah di lingkungan sekolah dan masyarakatnya. (IRB)

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/