PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, DI KOTA BEKASI

[easingslider id=”775″]

Pada tanggal 15 Agustus 2020 lalu, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Shibghoturrohman, Kota Bekasi. Pengabdian ini terdiri dua kegiatan yaitu: (1) Pelatihan Peningkatan Komunikasi Bahasa Arab Amiyah untuk Calon Jama’ah Haji dan Umrah di Kota Bekasi yang diketuai oleh Dr. Mohamad Sarip, M.A., dan (2) Pelatihan Peningkatan Pemahaman Literatur Berbahasa Arab Bagi Masyarakat untuk Pencegahan Radikalisme yang diketuai oleh Dr. Muhammad Kamal bin Abdul Hakim, M.A. bersama tim dosen dan beberapa orang mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu,15 Agustus 2020 bertempat di Aula Yayasan Shibghoturrohman Pondok Ungu, Kota Bekasi. Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, dihadiri tokoh masyarakat dan masyarakat yang berdomisili di sekitar yayasan. Peserta kegiatan ini dibatasi 30 orang hanya dari masyarakat sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 yang masih mewabah. Dibuka langsung oleh Ketua RW 06, Bapak Burhan Hanafi, S.E, dan dalam sambutannya beliau sangat berterima kasih kepada pihak UNJ dalam hal ini diwakili oleh Prodi PBA dan menyambut baik kegiatan ini yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat di lingkungannya. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan tim P2M oleh Dr. Mohamad Sarip, M.A, beliau menyampaikan terima kasih atas bantuan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan memohon maaf atas segala keterbatasannya.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan sesi pertama yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Kamal, M.A. tentang Pelatihan Peningkatan Pemahaman Literatur Berbahasa Arab Bagi Masyarakat untuk Pencegahan Radikalisme. Dalam paparannya, pemateri menyampaikan banyaknya temuan masyarakat yang terpapar paham radikalisme. Hal ini disebabkan, salah satunya karena rendahnya pemahaman literatur Bahasa Arab khususnya pemahaman terhadap Al-Qur’an dan Hadits. Pada sesi ini pemateri menayangkan beberapa ayat & hadits yang sering disalahpahami. Peserta yang mayoritas pemuda sangat antusias dalam menyimak isi materi, ini terlihat dari sesi tanya jawab yang antusias dari para peserta.

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi Pelatihan Peningkatan Komunikasi Bahasa Arab Amiyah Masyarakat untuk Calon Jama’ah Haji dan Umrah. Pemateri pertama Andri Ilham, S.S., MA. Hum. menjelaskan tentang sejarah perkembangan bahasa Arab dan munculnya Bahasa Arab Amiyah yang tersebar di dunia Arab. Materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Mohamad Sarip, M.A. yang menjelaskan permasalahan yang dihadapi oleh jama’ah haji dan umrah asal Indonesia seputar bahasa komunikasi yang digunakan. Ini merupakan sesuatu yang penting bagi calon jam’ah haji dan umrah untuk menguasai sedikit banyak bahasa Arab Amiyah yang banyak digunakan masyarakat Arab Saudi dalam beriteraksi sehari-hari. Sesi ini bertambah semarak dengan adanya praktik bahasa Arab Amiyah oleh para peserta. Mereka mendapatkan pengalaman baru dalam penggunaan bahasa Arab Amiyah yang banyak berbeda dengan bahasa Arab Fusha (resmi) yang mereka pernah pelajari sebelumnya. Tidak terasa waktu yang ditentukan oleh panitia sudah selesai, tepat pukul 15.30 WIB acara diakhiri sekaligus ditutup oleh Bapak Mahfuddin selaku ketua RT setempat,  sekaligus Satgas yayasan mewakili Bapak Ketua RW yang telah ijin meninggalkan kegiatan setelah pembukaan. Dalam sambutannya Bapak Mahfuddin mengucapkan banyak terima kasih kepada tim P2M Prodi PBA UNJ atas terselenggaranya kegiatan ini. Acara ini ditutup dengan pelaksanaan salat Ashar berjama’ah (km).

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/