SEMINAR PENDIDIKAN DALAM MEMPERINGATI HARI BAHASA ARAB

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menggelar perayaan hari Internasional untuk Bahasa Arab di Gedung Aula UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta, Rabu 18 Desember 2019.

Pada perayaan hari Bahasa Arab Internasional tahun ini membawakan tema “Aktualisasikan Diri, Gali Potensi Menuju Pendidikan Bahasa Arab yang Berprestasi”. Pada kegiatan ini menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya Seminar Pendidikan dan Perlombaan di bidang Pendidikan Bahasa Arab meliputi Lomba Debat Bahasa Arab, Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Makan Kebab, dst.

Rabu, 18 Desember 2019 perayaan hari Internasional Bahasa Arab dibuka dengan Seminar Pendidikan. Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8. Tema pada Seminar Pendidikan

 “آليات وطرق تعلم اللغة العربية لغير الناطقين بها وتحدياتها في العصر الرقمي” dengan Narasumber Ameer Sidass dari Aljazair dan Fitria Fajrina (Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mendapatkan beasiswa di Qatar University).

Acara dibuka oleh MC yakni Abdullah dan Nissa Shabrina dan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Eep Saiful Haq. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yg dipimpin oleh Haya Nadia. Lalu pada pukul 09.14 WIB penyampaian sambutan dari ketua pelaksana yaitu Dendi Darussalam. Lalu sambutan oleh ketua BEMP PBA Izhar Juninho dan dilanjutkan sambutan oleh Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Arab Dr. Moh. Sarip, M.A
Lalu, pada pukul 09.30 Pembacaan CV Moderator Sesi I oleh MC, kemudian dilanjutkan pembacaan CV Pembicara Sesi I yakni Syaikh Amir Siddas Al Jazairi oleh Dr. Fatwa Arifah M.A.Pd selaku moderator, Sesi I berlangsung pukul 09.37 s.d 10.26 WIB dan dilanjut dengan pemberian bingkisan oleh Dr. Moh. Sarip, M.A untuk pemateri, serta pemberian bingkisan oleh Prof. Zainal Rafli M.Pd untuk moderator.
Selanjutnya ice breaking pada pukul 10.32 s.d 10.39 panitia menyediakan penampilan Taqdimul Qishoh yang berjudul Hiilatu muflish oleh Fandika dan kawan kawan
Kemudian, pada pukul 10.43 Pembacaan CV Moderator Sesi II oleh MC, kemudian dilanjutkan pembacaan CV Pembicara Sesi II yakni Fitria Fajrina, M.Ed oleh Siti Humairatuzzahra selaku moderator, Sesi II berlangsung pukul 10.43 s.d 11.25 WIB dan dilanjut dengan pemberian bingkisan oleh Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd untuk pemateri, serta pemberian bingkisan oleh Dr. Muhammad Kamal, M.A untuk moderator.
Setelah itu, pada pukul 11.28 s.d 11.41 WIB Yuda Pratama dan Nadya Paramitha memberikan beberapa pertanyaan (Quiz) menggunakan media kahoot untuk seluruh peserta seminar, dilanjut dengan menyajikan video teaser yang berisikan memperingati Hari Bahasa Arab. Kemudian pada pukul 11.50 WIB penampilan puisi oleh Senja Nur Cholishah.

peresmian pembukaan YALBI 2019 dengan pemukulan gong oleh Prof. Zainal Rafli, M.Pd dan ditemani oleh Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Arab Dr. Moh. Sarip, M.A. Dilanjut dengan penampilan penutup yakni Menyanyi dari Ustadz Hendrawanto dan Nursita Tri Wahyuni. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa penutup oleh Prof. Aceng Rahmat, M.Pd pada pukul 12.03 WIB. Lalu acara ditutup oleh MC. Dan dilanjutkan sesi foto bersama para dosen.