MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENJADI DELEGASI PERWAKILAN INDONESIA DALAM ASIAN ARABIC DEBATING CHAMPIONSHIP OLEH QATAR DEBATE 2020

Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ pada tanggal 29 januari hingga 4 April 2020 berkesempatan mengikuti Asian Arabic Debating Championship yang diadakan oleh Qatar Debate, salah satu lembaga yang dibawahi oleh Qatar Foundation di Islamic International University in Malaysia, Kuala Lumpur

Tim debat dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ menajdi satu-satunya delegasi yang merepresentasikan Indonesia di ajang ini. Tim debat terdiri dari para mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab UNJ, yaitu Lu’lu’ Lathifah, Ani Asiilatul Udzmay, Faris Nashirudin, dan Muhammad Aqimularsy.

Sebelumnya, pada April 2019 lalu, tim debat UNJ menjadi salah satu wakil dari Indonesia dalam ajang International Arabic Debating Championship, di Doha, Qatar serta Unisi Arabic Debating Championship yang diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta & , kali ini tim debat dari UNJ kembali dengan taring baru dalam ajang perlombaan debat tingkat Asia 2020. Tim debat mendapatkan dukungan penuh dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ baik secara riil maupun materiil. Pada kesempatan ini, tim menunjukan eksistensinya dengan memenangkan dua pertandingan dalam babak penyisihan dalam kategori native speaker melawan Qatar University dan National University of Vietnam.

Ajang ini diikuti oleh 30 universitas dari berbagai penjuru asia, 20 di antaranya adalah dari negeri Arab. Acara dibuka langsung oleh Pimpinan International Islamic University in Malaysia, dan ditutup langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, YB Syed Saddiq Syed Abdurrahman.

Dalam sambutannya, YB Syed Saddiq di penghujung acara menyampaikan bahwa ajang perlombaan debat, merupakan salah satu cara bagi kita untuk memperoleh solusi dari permasalahan yang ada di dunia dengan mendengarkan pendapat kaum muda.

Acara ini pada akhirnya dimenangkan oleh tim asal Jordania, Princess Sumayya University yang pada tahun sebelumnya juga telah memenangkan ajang serupa di tingkat international yang diadakan di Doha, Qatar. Tim dari Kuwait, harus puas menduduki peringkat kedua dalam ajang ini.

Ilmu dan pengalaman baru yang sangat berharga, banyak didapatkan oleh tim debat Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ dalam ajang ini. Semoga di kemudian hari, tim akan lebih banyak berpartisipasi dan menorehkan prestasi dalam ajang perlombaan debat bahasa Arab , baik di kancah nasional, regional, maupun internasional sehingga prodi pendidikan bahasa Arab UNJ dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.