SEMARAK FESTIVAL ARAB “Satu Dekade Simfoni Mahakarya Menghias Nusantara”

[easingslider id=”706″]

Semarak Festival Arab X, pada tanggal 19- 21 November 2019 dengan mengangkat tema “Satu Dekade Simfoni Mahakarya Menghias Nusantara”.

Acara ini dilaksanakan di Kampus A UNJ, Rawamangun, dengan menggunakan beberapa ruangan dan fasilitas kampus. Tahun ini Semarak Festival Arab diikuti oleh 113 Universitas di seluruh Indonesia, 97 SMA/MAN sederajat dan 55 Ma’had di seluruh Indonesia, dengan jumlah 1.045 peserta. Acara ini didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, dan Badan Amil Zakat Nasional. Selain itu, juga disponsori oleh PT. Wings Indonesia, PT. Yupi Indo Jelly Gum, Kebab Monster, Laznaz BSM, Emina Cosmetics, Standard Pen, Pustaka Al Kautsar, Pustaka Gema Insani, Permata Bank, Sabana Foundation, PT. Sinar Sosro, Braja Trophy, Cahaya Timur Copy and Printing, dan Biznet Network.

Pada hari pertama, Selasa, 19 November 2019 diawali dengan briefing panitia pada pukul 05:30 sampai 05:58 oleh Yuda Pratama selaku Ketua Pelaksana, Rufaidah Wardah selaku Penanggung Jawab Acara dan Farid Al Farabi selaku Penanggung Jawab Opening Closing. Opening Semarak Festival Arab dilaksanakan di Lapangan UPT. Acara dibuka dengan pemukulan gong pada pukul 08:25 oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta dan dipimpin oleh MC dengan penuh semangat dan keceriaan peserta dan panitia, serta di hadiri oleh Dr. Komarudin, M. Si. selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta, Dr. Abdul Sukur, S. Pd., M. Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd. selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, dan Dr. Samsi Setiadi, M. Pd. Acara di tutup oleh Annisa Hasanah dan Alfi Syahri Ramdhani sebagai MC pada pukul 10:10.

Setelah Opening, para peserta langsung menuju tempat mata lomba bersama LO (liaison officer)-nya masing-masing. Pada hari pertama, Lomba Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) dilaksanakan di Gedung Sertifikasi Guru Lt. 8, Lomba Puisi di Gedung Sertifikasi Guru Lt. 9, Lomba Menyanyi di Aula Bung Hatta, Lomba Debat di Gedung M 403-404, Lomba Marawis di Lapangan UPT, dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) di Aula Latief Hendradiningrat. Acara selesai pada pukul 16:30.

Hari kedua, Rabu, 20 November 2019 diawali dengan briefing panitia pada pukul 06:00 oleh Yuda Pratama selaku Ketua Pelaksana SAFAR X dan Rufaidah Wardah selaku Penanggung Jawab Acara. Registrasi dilakukan disetiap tempat sesuai mata lomba masing – masing pada pukul 07:12 sampai 08:00. Pada hari kedua, ada rangkaian acara SAFAR X yaitu Beauty Class by Emina Cosmetics. Sesi 1 dilaksanakan pada pukul 09:49 dan Sesi 2 dilaksanakan pada pukul 13:40, dengan mengangkat tema “How To Get Flawless Complexion”. Peserta mendapatkan beauty tips and trick, sertifikat resmi dari Emina Cosmetics, goodie bag, minuman dan doorprize. Peserta Beauty Class sangat antusias ketika sesi doorprize. Zikra sebagai MC memberikan beberapa pertanyaan seputar kecantikan, dan bagi siapa yang bisa menjawab akan diberikan hadiah. Adapun mata lomba yang dilaksanakan pada hari kedua: Lomba Hadroh Kreasi di Lapangan UPT, Lomba MHQ di Gedung Sertifikasi Guru Lt. 8, Lomba MTQ di Gedung M 105, Lomba Kaligrafi di Aula UPT, Lomba Pidato Siswa di Panggung FBS, Lomba Pidato Mahasiswa di Gedung Sertifikasi Guru Lt. 9, dan Lomba Debat di Gedung M 302 – 303. Acara selesai pada pukul 16:30.

Hari ketiga, Kamis, 21 November 2019 diawali dengan briefing panitia dipagi hari pada pukul 05:55. Dilanjutkan dengan registrasi peserta yang dibuka lebih awal yaitu pukul 06:52, adapun mata lomba yang dilaksanakan pada hari ketiga: Lomba Taqdimul Qissah (TQ) Siswa di Aula UPT, Lomba Taqdimul Qissah (TQ) Mahasiswa di RSG FIS, Lomba Baca Berita di Gedung Dewi Sartika, Lomba MHQ di Sertifikasi Guru Lt. 8, dan MTQ di Gedung M 105. Pada pukul 14:00 seluruh LO mengarahkan pesertanya menuju Aula Bung Hatta di Gedung Pasca Sarjana untuk mengikuti Closing SAFAR X. Closing dan pembagian hadiah dimulai pada pukul 14:20 sampai pukul 18:05. Acara Closing SAFAR X dihadiri oleh tamu-tamu special yakni Hj. Abdulah Mas’ud, S. Pd. I. selaku Ketua Bidang Organisasi Kepemudaan Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dan Syaiful Amri selaku Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/