SEMINAR NASIONAL SASTRA ARAB-NUSANTARA

Dalam rangka memeriahkan acara Art, Education, and Culture (Artec) Fair ke-9 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) mempersembahkan Seminar Nasional Sastra Arab-Nusantara. Acara ini digelar pada hari Senin, 28 Oktober 2019, pukul 10.00 – 14.00 WIB, bertempat di Aula UPT Perpustakaan UNJ.

 

Turut hadir dalam acara ini, Prof. Dr. Suyono, M.Si. (Wakil Rektor 1 UNJ), Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. (Dekan FBS), Dr. Nuruddin, MA. (Koorprodi PBA,), para guru besar Prodi PBA, Prof. Dr. Emzir, M.Pd. dan Prof. Aceng Rahmat, M.Pd., para dosen, mahasiswa dan undangan. Seminar yang mengangkat tema “Perkembangan Sastra Arab dan Hubungannya dengan Sastra Islam di Nusantara” juga menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof. Dr. Sangidu, M.Hum. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd. (Universitas Negeri Jakarta).

 

Acara pembukaan dimulai dengan sambutan Koorprodi PBA, Bapak Dr. Nuruddin, MA, dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FBS, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Selanjutnya, Wakil Rektor 1 UNJ, Bapak Prof. Dr. Suyono, M.Si. juga turut memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara seminar nasional ini secara resmi. Sementara itu, di akhir acara pembukaan, ditutup dengan doa oleh Bapak Dr. Mohamad Sarip, MA.

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari masing-masing narasumber, dan dipimpin oleh Andri Ilham, MA.Hum. sebagai moderator. Sesi 1, penyampaian materi disampaikan oleh Prof. Dr. Sangidu, M.Hum. Guru Besar Departeman Antarbudaya Fakultas Ilmu Budaya UGM dan mantan Atase Pendidikan KBRI di Kairo ini menyampaikan materinya tentang “Satra Arab dan Tradisi Pesantren”. Dalam orasinya, beliau menyampaikan pemahaman tentang terminologi sastra Arab dan Islam dari berbagai perspektif dan teori teks dalam kaitannya dengan tradisi.

 

Sesi 2 dilanjutkan dengan materi “Pengaruh Sastra Arab terhadap Sastra Islam Indonesia”. Materi ini disampaikan oleh Prof. Dr. Sukron Kamil, MA., Guru Besar Bahasa dan Sastra Arab dan mantan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2015-2019. Dalam orasinya, beliau menyampaikan materi tentang kategorisasi sastra Islam, pengaruh dan kesamaan sastra Arab dan sastra Islam, serta pengaruh sastra Arab terhadap puisi Jawa, prosa lama dan modern.

 

Sesi 3, materi disampaikan oleh Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd., Guru Besar Prodi PBA Universitas Negeri Jakarta. Ibu Zur, begitu beliau disapa, sesuai dengan bidang keilmuan tentang teori dan telaah sastra Arab, dalam seminar ini menyampaikan materi tentang “Religiuisitas Manusia dalam Puisi Musthofa Bisri dengan Menggunakan Diksi Arab”.  Dalam orasinya, beliau juga membacakan salah satu puisi karya Musthofa Bisri yang berjudul “Selamat Tahun Baru”.

 

Acara seminar bertambah semarak dengan sesi tanya jawab dan semakin menunjukkan rasa cinta dan semangat di kalangan mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam lagi sastra Arab dan Islam. Dr. Nuruddin, MA. selaku Koorprodi PBA menyampaikan rasa syukur atas suksesnya acara ini. Beliau juga berharap kegiatan seminar seperti ini kedepannya dapat terus berlanjut. (and).