PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNJ, 2019

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di tingkat Universitas Negeri Jakarta (UNJ), mahasiswa baru juga mengikuti kegiatan serupa di tingkat Fakultas dan Prodi. Untuk Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sendiri, PKKMB dilaksanakan selama 2 hari, 22–23 Agustus 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (BEMP PBA) ini berlangsung di Aula Daksinapati UNJ dan diikuti oleh 108 mahasiswa baru.

Beragam acara digelar dalam PKKMB kali ini. Di hari pertama, Kamis, 22 Agustus 2019, setelah panitia melakukan checkpoint para peserta di pagi harinya, tepat pukul 08.00 WIB acara pembukaan dimulai dengan sambutan ketua panitia dan BEMP PBA, dilanjutkan dengan materi 1 tentang “Etika Pendidikan Karakter dan Budaya” yang disampaikan oleh Dr. Shafruddin Tajuddin, M.A. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan Koordinator Prodi PBA oleh Dr. Nuruddin, M.A., sekaligus memperkenalkan para dosen di lingkungan Prodi PBA kepada mahasiswa baru peserta PKKMB. Pada sesi materi 2, “Pengenalan Akademik Prodi PBA” disampaikan oleh Dr. Romdani, M.Pd, lalu materi 3 disampaikan oleh Athiya Zahidah, S.Pd. dengan tema “Layanan Administrasi bagi Mahasiswa”.

Di sela-sela waktu istirahat, panitia menggelar ice breaking untuk mencairkan suasana. Tepat pukul 13.00 WIB, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow dan menghadirkan dua orang alumni PBA UNJ sebagai pemateri. Talkshow 1 dengan tema “Kiat Sukses di Perguruan Tinggi” disampaikan oleh Putri Zulharby, sementara talkshow 2 disampaikan oleh Ridwan dengan tema “Berpikir Kritis dan Ilmiah”.

Pada hari kedua, Jumat, 23 Agustus 2019, seluruh mahasiswa baru peserta PKKMB dikelompokkan dan dibagi menjadi 4 kelas (classing). Setiap kelas difokuskan pada materi seputar mata kuliah yang akan diberikan di Prodi PBA. Pada classing 1, materi yang disampaikan seputar keterampilan berbahasa, sedangkan classing 2 tentang materi pembelajaran kebudayaan dan kesusastraan Arab. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kampus untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru peserta PKKMB tentang kondisi kampus dan ruang belajar di Prodi PBA. Terakhir, setelah rangkaian acara kegiatan PKKMB ini selesai, seluruh panitia, pengurus BEMP PBA, dan mahasiswa baru mengadakan sesi foto bersama.

Ahlan wa-Sahlan, selamat datang mahasiswa baru 2019. Selamat bergabung menjadi Keluarga Besar Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. (and)