FATWA ARIFAH, DOSEN PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNJ MERAIH GELAR DOKTOR DENGAN DISERTASI “GENDER DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB”

[easingslider id=”623″]

Jakarta– Jumat, 19 Juli 2019, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Fatwa Arifah, MA.Pd. berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab. Ujian Promosi Doktor berlangsung pada pukul 10.00 – 11.00 WIB di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Tampak hadir pada Ujian Promosi Doktor ini, Civitas Academica Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta, di antaranya Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. (Dekan FBS), Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. (Wakil Dekan III FBS), Dr. Nuruddin, M.A. (Koorprodi PBA), Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd. (Guru Besar Prodi PBA), dan sejumlah dosen prodi PBA.

 

Ujian Promosi Doktor dipimpin oleh ketua sidang, Prof. Dr. Didin Saefuddin, MA.; tim promotor, Prof. Dr. Emzir, M.Pd. dan Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A.; serta tim penguji, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A., Prof. Dr. Aziz Fahrurrozi, M.A., dan Prof. Dr. Zaitunah Subhan. Fatwa dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul: “Gender dalam Buku Teks Bahasa Arab: Analisis Wacana Kritis terhadap al-Kitāb fī Ta‘allum al-‘Arabīyah dan al-‘Arabīyah Bayn Yadayk”, dan resmi menyandang gelar Doktor ke-1154 Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

Disertasi yang diujikan bertujuan untuk memeroleh pemahaman dan informasi yang komprehensif mengenai representasi gender dalam buku teks bahasa Arab al-Kitāb fī Ta‘allum al-‘Arabīyah dan al-‘Arabīyah Bayn Yadayk. Dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis (critical discourse analysis) model Norman Fairclough, disertasi tersebut mengungkapkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan buku teks al-Kitāb fī Ta‘allum al-‘Arabīyah dapat memberikan pemahaman gender yang lebih egaliter dibandingkan dengan buku teks al-‘Arabīyah Bayn Yadayk. Hal ini berdasarkan fakta bahwa penulisan buku teks tidak terlepas dari sudut pandang dan latar belakang sosial penulisnya.

 

Selamat kepada Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd. atas gelar Doktornya. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan akademik di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, khususnya bagi Prodi Pendidikan Bahasa Arab. (and

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/