PRODUK JAJANAN MENJADI KREASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM LOMBA KEWIRAUSAHAAN 2019

[easingslider id=”601″]

Pada Kamis, 4 Juli 2019, pukul 13.00 WIB, bertempat di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (BEMP PBA) menggelar kegiatan Lomba Kewirausahaan antarmahasiswa. Kegiatan yang diikuti oleh 8 kelompok peserta perwakilan dari tiap kelas di Prodi PBA ini mengangkat tema “Merealisasikan Ide Kreatif Mahasiswa Melalui Lomba Kewirausahaan”.

Sebelum acara puncak kegiatan lomba ini digelar, pada Senin, 1 Juli 2019, bertempat di  Gedung Q Ruang 108 Fakultas Bahasa dan Seni, terlebih dahulu diadakan technical meeting bagi para peserta untuk membahas teknis kegiatan lomba. Bapak Dr. Nurudddin, M.A., selaku Koorprodi PBA juga tampak hadir memberikan sambutan pada kegiatan technical meeting ini. Adapun teknis lomba yang ditetapkan adalah, dengan modal uang sebesar Rp 50.000,- yang diberikan oleh panitia, setiap kelompok peserta diwajibkan membuat produk jajanan khas dengan kreasi yang unik. Produk tersebut harus dijajakan, dan laporan hasil penjualannya juga harus disampaikan saat presentasi pada hari puncak kegiatan lomba.

Puncak acara lomba kewirausahaan, Kamis, 4 Juli 2019, setiap kelompok peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan menyajikan produk penganan yang mereka buat dan jajakan. Kemudian, tim juri memberikan penilaian tentang produk penganan tersebut dan hasil presentasi laporan penjualannya. Adapun tim juri pada kegiatan lomba ini adalah perwakilan dosen Prodi PBA, Bapak Ahmad Marzuq, M.Pd., Andri Ilham, S.S., M.A.Hum., dan Athiya Zahidah, S.Pd. Presentasi ini dibagi dalam dua sesi sesuai dengan nomor urut peserta yang telah ditentukan, dan setiap kelompok peserta wajib menyampaikan laporannya dengan menggunakan bahasa Arab. Di sela kedua sesi tersebut, acara diisi dengan hiburan musik yang dibawakan oleh Bisur‘ah, band bentukan mahasiswa Prodi PBA.

Pada akhir acara diumumkan para pemenang lomba. Juara 1 diraih oleh kelompok peserta perwakilan kelas 1C dengan kreasi penganan “Putepok” (Puding telur ceplok). Juara 2 diraih oleh kelas 1D melalui hasil kreasi penganan “Bitelungkup” (Bihun, telur gulung cup), sedangkan juara 3 diraih oleh kelas 2A dengan penganan “Sukro” (Syukulat kurrah/coklat bola). Selain itu, juga terdapat kategori juara terheboh yang diraih oleh kelas 2A; juara terkreatif, kelas 1B; dan juara terbaik diraih oleh kelas 2C. Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada masing-masing pemenang lomba, dan ditutup dengan pembacaan doa.

Selamat buat para pemenang! (and).

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/