MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNJ RAIH JUARA 2 LOMBA MENULIS ESAI TINGKAT NASIONAL DALAM FESTIVAL BASMALA 2019

[easingslider id=”587″]

Pada Minggu, 21 April 2019, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) atas nama Jabal Primadana berhasil meraih Juara 2 lomba menulis esai tingkat nasional. Kegiatan lomba yang bertajuk Festival Basmala 2019 ini bertempat di Universitas Bakrie, Jakarta.

Festival yang digelar selama 2 hari, 20-21 April 2019 ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Basmala, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKMA) Universitas Bakrie yang bergerak di bidang dakwah dan syiar Islam. Dengan mengangkat tema “Bring Back Islamic Culture”, Festival Basmala 2019 menggelar lomba tahfiz dan menulis esai. Selain itu, juga terdapat rangkaian kegiatan berupa Kajian Akbar dan Basmala Islamic Fair (BIF).

Rangkaian kegiatan pada festival ini mulai digelar pada 20 April 2019 dengan acara lomba tahfiz kategori hafalan Alquran 3 Juz dan 5 juz. Di hari kedua, 21 April 2019, kegiatan dilanjutkan dengan menggelar lomba penulisan esai. Untuk lomba esai, dibagi dalam dua kategori; kategori SMA dan kategori mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Peserta yang dinyatakan lolos dalam tahap penyeleksian awal, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan esai yang telah dibuat sebelumnya.

Dalam lomba yang diikuti, Jabal, begitu ia biasa disapa, menulis esai yang berjudul “Campus Madrasah Diniyah (CMD)”. Ketika ditemui, pemuda kelahiran Jakarta, 15 September 2019 ini mengatakan bahwa esai yang dibuatnya berisi rekomendasi tentang program pesantren yang bisa diterapkan di perguruan tinggi, yaitu berupa pembelajaran berbasis agama, seperti fikih, akidah, sejarah Islam, bahasa Arab dan Alquran. Pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi penunjang mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) yang hanya 2 SKS dengan alokasi waktu yang terbatas.

Selamat, Jabal! Semoga dengan kemenangan ini dapat membawa nama harum Universitas Negeri Jakarta. (and)

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/