MENGANGKAT TEMA MODEL LAYANAN APLIKASI RUMAH PENGAJAR INDONESIA, MAHASISWA PRODI PBA UNJ RAIH JUARA 1 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

[easingslider id=”579″]

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) atas nama Muhammad Ikrom Azzam dan Alifuddin Rizki meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional – Inovasi Pendidikan Indonesia (LTKIN-IDEA). Kegiatan lomba ini digelar pada Jumat, 26 April 2019 di Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kegiatan LTKIN-IDEA yang diselenggarakan oleh Kelompok Peneliti Muda bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta ini diikuti oleh peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Adapun universitas yang terpilih sebagai peserta lomba LTKIN-IDEA kali ini di antaranya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Jember (UNEJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai tuan rumah.

Sebanyak 79 kelompok yang mengirim karya tulis ilmiah, dan terpilih 15 kelompok yang diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya tulis mereka. Adapun tema yang diangkat dalam LTKIN-IDEA kali ini adalah “Inovasi Pendidikan yang Berdaya Saing dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dengan 3 pilihan subtema yang diperlombakan, yaitu: 1) Media Pembelajaran yang Mendukung Virtual Education; 2) Metode dan Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Global; dan 3) Kompetensi Guru di Abad 21.

Dalam lomba ini, Azzam dan Alif, sapaan akrab mereka, mempresentasikan karya tulis yang berjudul “Model Layanan Rumah Pengajar Indonesia (RUMPI) sebagai Media Penunjang Optimalisasi Kompetensi Guru di Indonesia.” Ketika ditemui, Alif mengatakan bahwa kesimpulan yang dibangun dalam karya tulisnya adalah, bahwa model layanan aplikasi RUMPI yang berbasis android dapat mempermudah guru dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki, baik yang berkaitan dengan kompetensi pedagogi, profesional, sosial, dan kepribadian. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengakses materi pembelajaran yang dibutuhkan, soal-soal, serta simulasi Uji Kompetensi Guru (UKG).

Selamat, Azzam dan Alif! Semoga dengan kemenangan ini dapat membawa nama harum Universitas Negeri Jakarta. (and)

Scroll to Top