KKL PBA UNJ 16 di Negeri Jiran

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan KKL, merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa semester VI di prodi FBS UNJ tak terkecuali Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Bahkan kegiatan ini masuk ke dalam SKS yang wajib diambil mahasiswa yang bernilai 1 SKS. Pada tahun 2019 ini, mahasiswa angkatan 2016-lah yang melaksanakan kegiatan tersebut. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, KKL angkatan 2016 dilaksanakan di negeri tetangga yakni Negeri Jiran Malaysia. Dengan mengusung tema “Meniti Jalan Membuka Wawasan di Negeri Jiran”, KKL PBA 16 dilaksanakan selama 4 hari yakni dari tanggal 11-14 Maret 2019 dengan keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta yang terbagi dalam dua kloter pemberangkatan yaitu pukul 05:15 dan 06:15 WIB. Kegiatan KKL ini diikuti oleh 84 mahasiswa PBA angkatan 2016 dan 16 dosen PBA UNJ.

Ketika tiba di Malaysia, perjalanan dimulai dengan mengunjungi tempat wisata yang ada disana yaitu Masjid Selat Malaka  atau Masjid Apung dan kawasan Bukit St.Paul. Menjelang sore hari, rombongan pergi menuju City Central Hotel, Kuala Lumpur. Keesokan harinya, rombongan menuju Universitas Putera Malaysia sebagai ajang silaturahmi dan membuka wawasan terkait bahasa Arab. Disana para dosen dan mahasiswa dari kedua universitas yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Putera Malaysia (UPM) saling berbincang bersama, bertukar fikiran, memperkenalkan profil masing-masing universitas, dan tentunya pengajuan kerja sama dari pihak UNJ ke UPM. Pengajuan ini pun disambut baik oleh pihak UPM dan akan ditindaklanjuti untuk ke depannya.

Selanjutnya dua hari terakhir di Malaysia dihabiskan dengan kegiatan wisata di National Mosque, Batu Cave, Genting Premiun Outlet, Pasar Seni dan acara Malam Keakraban oleh mahasiswa.

Pada hari Kamis, 14 Maret 2019 mahasiswa bersama dosen kembali ke Indonesia dengan dibagi ke dalam 4 kloter perpulangan dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta. Tentunya harapan dari terlaksananya KKL ini bisa menambah wawasan, pengalaman, dan ukhuwah khususnya bagi mahasiswa PBA 16 serta menjadi titik awal kerjasama yang baik antara prodi bahasa Arab UNJ dengan prodi bahasa Arab UPM.