MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENJADI DELEGASI PERWAKILAN INDONESIA DALAM INTERNATIONAL QATAR DEBATE 2019

Qatardebate merupakan salah satu sarana perlombaan debat Bahasa Arab yang diadadakan setiap tahunnya di Doha Qatar, Acara ini diselenggarakan oleh Qatar Foundation for Education, Education and Community Development. Perlombaan debat ini diikuti oleh kurang lebih 600 peserta mahasiswa dari 100 Universitas di penjuru dunia, dari 52 negara-negara  kawasan Amerika, Asia, Eropa, Australia dan Timur Tengah.

 Acara ini berlangsung dari 16-21 Maret 2019, ada 4 tim Indonesia yang berkompetisi dalam ajang dunia ini diantaranya yaitu tim Universitas Islam Indonesia, tim Universitas Islam Negeri Malang, tim Universitas Islam Negeri Jakarta dan  tim Universitas Negeri Jakarta.

 Tim Universitas Negeri Jakarta yang terdiri dari 1 Dosen pembimbing dan 4 Mahasiswa. Bapak Ahmad Murodi, M.A selaku pembimbing Mahasiswa dan Faris Nashiruddin, Raja Bunga Sam Aji, Meryn Nurhidayani dan Siti Khumairotuzzahra selaku 4 Mahasiswa yang bergabung dalam kategori non-native speaker. Dan berhasil memenangkan 3 kali babak dari keseluruhan 5 babak pertandingan penyelisihan melawan Titufa University, University of Chicago, Khanmir ‘Adzim University di Pholandia, Islamic University di pakistan, dan Australian Nasional University. Sehingga tim Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 16 besar di kategori non-native speaker.

Tim Indonesia juga berkesempatan memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha Qatar untuk menjalin silaturahmi, berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Pencapain semua ini takkan berhasil pula tanpa adanya dukungan, do’a dan bantuan dari semua pihak, baik keluarga, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, teman-teman, khusunya kepada IKA UNJ (Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta), Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta, Wakil Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni, dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Yang telah membantu jalannya perlombaan ini. Terimakasih untuk semuanya dan semoga segala kebaikan dibalas Oleh Allah S.W.T.

Dan Semoga kedepannya tim Indonesia bisa memberikan hasil yang jauh lebih baik lagi dari tahun ini sehingga mampu menorehkan kebanggaan untuk Indonesia. Dan semoga prestasi ini menjadi motivasi dan semangat untuk para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta khususnya mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab dalam belajar Bahasa Arab, aktif di berbagai kegiatan, terus mencari pengalaman dan meraih prestasi.