QORYAH ARABIYAH (KAMPUNG ARAB) 5

Qoryah Arabiyah atau biasa disebut Kampung Arab merupakan program tahunan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FBS UNJ, yang pada tahun ini menginjak tahun penyelenggaraan yang kelima. Program ini diadakan untuk mengisi masa libur kuliah semester ganjil selama 9 (Sembilan) hari dari tanggal 23 Februari 2019 sampai dengan tanggal 3 Maret 2019, bertempat di Rorotan, Jakarta   Utara.

Peserta Qoryah Arabiyah 5 berjumlah sebanyak 98 orang dari total 109 orang mahasiswa angkatan tahun 2018, dan dikelola oleh panitia dari mahasiswa angkatan tahun 2015-2017 serta dibimbing oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Kampung Arab ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan suasana lingkungan berbahasa Arab (bii-ah ‘arabiyah) bagi mahasiswa baru. Kegiatan yang dilakukan antara lain: Kalimatul murur, muhadatsah hurroh, mahkamah lughowiyah, muhadhoroh, munazhoroh, tamtsil, khitobah, A’lab lughowiyah dan Imtihan li tahdidil mustawa. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai macam pembicara dari kalangan alumni dan tamu-tamu khusus dari daerah timur tengah.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa baru, terutama untuk meningkatkan motivasi serta menumbuhkan semangat dalam mempelajari bahasa Arab, dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Arab bagi mahasiswa baru. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan tiap tahunnya dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pimpinan Program Studi,Fakultas dan Universitas.