MUHADHARAH ‘AMMAH (KULIAH UMUM) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Dosen Qatar University, Dr. Abeer Salaheldin Reiad Heider menjadi narasumber dalam Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 06 Maret 2019, pukul 09.00-13.00 di Aula Lt.8 Gedung Ki Hajar Dewantara UNJ dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Kegiatan Kuliah Umum yang dibuka dengan pembacaan tilawah Al-Quran ini dihadiri oleh Wakil Dekan III FBS Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd yang sekaligus menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan Kuliah Umum secara resmi. Tampak hadir Koordinator Prodi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa Arab, Bapak Dr. Nuruddin, M.A yang memberikan sambutan pada acara kuliah Umum tersebut.

Acara kuliah umum diawali dengan penyampaian materi tentang “Penggunaan Media Elektronik dalam Pembelajaran Bahasa Arab” oleh Dosen Qatar University, Dr. Abeer Salaheldin Reiad Heider.

Dalam presentasinya, Dr. Abeer Salaheldin Reiad Heider mengungkapkan rasa ingin tahu tentang metode pengajaran bahasa Arab yang digunakan oleh staf pengajar di Indonesia dan berbicara tentang metode pengajaran yang ia gunakan berdasarkan pengalaman yang ia miliki. Dia juga berbagi metode pengajaran modern, yang sejalan dengan perkembangan revolusi teknologi 4.0. “Di Indonesia, metode tradisional masih digunakan dalam pengajaran bahasa Arab. Mahasiswa hanya mendengarkan, dan dosen menjelaskan. Namun, Universitas Qatar telah menggunakan metode yang berbeda, karena semua elemen pembelajaran harus bergandengan tangan, ”tambahnya. Dia bahkan berharap kuliah umum ini bisa menggunakan metode kelompok daripada metode mendengarkan tradisional sehingga para peserta dapat lebih aktif dalam menerima pengetahuan.