Prestasi dan Keunggulan

Bidang Akademik

  1. Hampir seluruh program studi terakreditasi BAN PT.
  2. Tujuh prodi pendidikan telah siap dan berhasil lolos seleksi untuk menyelenggarakan Program Profesi Guru.
  3. Satu prodi telah menerima sertifikat ISO, dan satu prodi lagi siap diverifikasi untuk memperoleh sertifikat ISO.
  4. Kesadaran dan motivasi para dosen untuk memenangkan berbagai hibah meningkat.
  5. Semangat dosen untuk mengikuti studi lanjut tinggi.
  6. Adanya program kependidikan dan nonkependidikan yang secara komplementer mendukung visi, penyelenggaraan misi, dan tercapainya tujuan FBS.
  7. FBS telah memiliki dokumen mutu, dan 54 SOP, dan secara konsisten menerapkan dokumen tersebut sebagai acuan pelaksanaan kerja.
  8. Memiliki target lulusan dengan nilai TOEFL 425, dan nilai TOEFL 450 khusus untuk lulusan dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
  9. Rerata IPK lulusan >3
  10. Masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan di bawah 3 bulan.

 Bidang Manajemen Sumber daya

  1. Sistem perencanaan dan manajemen fakultas/jurusan secara umum sudah tersistem, ditinjau ulang secara berkala, dan mendukung tercapainya visi, misi, dan tujuan FBS.
  2. Layanan yang berorientasi pada upaya perbaikan berkesinambungan berdampak pada peningkatan kualitas akademik dan kualitas layanan.
  3. Otonomi pengelolaan dana jurusan dengan sistem keuangan satu pintu dapat membantu meningkatkan kinerja di setiap jurusan dalam mengembangkan program akademik.
  4. SOP sebagai standar pelaksanaan kegiatan yang telah mulai diberlakukan sejak tahun 2003, ditinjau ulang secara berkala, direvisi dan ditambah sesuai kebutuhan
  5. Sistem insentif yang sudah diberlakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pegawai, tetap diupayakan untuk dipertahankan.
  6. Secara umum, staf administrasi memiliki disiplin dan produktivitas yang cukup tinggi.

 Bidang Kemahasiswaan

  1. Pembinaan dan kegiatan kemahasiswaan yang bersifat variatif dan kondusif, berdampak positif terhadap pengembangan potensi mahasiswa. Kegiatan minat dan bakat sudah terprogram secara rutin dan dilaksanakan sesuai jadwal. Kepiawaian dan  peningkatan minat mahasiswa dalam bidang penalaran khususnya penyusunan proposal kreativitas mahasiswa diberikan pada kegiatan pasca-MPA yaitu sudah dimulai sejak masa pembinaan mahasiswa baru (MABIM).
  2. Kegiatan kemahasiswaan yang bertaraf nasional telah dilaksanakan. Tercatat 3 kegiatan bertaraf nasional berhasil diselenggarakan, bahkan untuk kegiatan di bidang bahasa berhasil mendapatkan sumber dana dari Dikti, sehingga meningkatkan kualitas kegiatan dan  motivasi mahasiswa untuk berorganisasi. Di samping itu animo peserta dari berbagai provinsi cukup baik, sehingga mendapatkan apresiasi yang membanggakan.
  3. Dalam bidang bahasa, 2 pasang mahasiswa/i FBS pada tahun yang berbeda berhasil menjadi Duta Bahasa peringkat II dan III tingkat Nasional.
  4. Dalam bidang seni dan sastra  mahasiswa FBS menjadi juara pada Peksimida DKI Jakarta yang diselenggarakan tiap 2 tahunan dan Peksiminas pada tahun berikutnya. Pada tingkat Peksimida 9 mahasiswa FBS meraih juara, dan diantaranya berhasil meraih juara pertama untuk empat  jenis lomba.
  5. Dalam melaksanakan pemilihan ketua ormawa, FBS sudah mengembangkan sistem yang demokratis. Pemilihan dilakukan secara terbuka dengan mengadakan debat kandidat yang terprogram
  6. Beasiswa diberikan oleh Pemerintah melalui Dikti, pihak swasta, dan UNJ, melalui berkas di fakultas sesuai persyaratan yang diminta pemberi beasiswa. Beasiswa diberikan umumnya untuk jangka waktu 1 tahun saja, kemudian mahasiswa peminat harus mengikuti seleksi lagi. Beasiswa Bidik Misi diberikan Pemerintah melalui Dikti sejak tahun 2010 hingga sekarang, untuk masa 4 tahun dengan evaluasi prestasi penerima pada setiap semester.
  7. Bantuan dana dari universitas, POM, dan Dikti berdampak positif terhadap peningkatan kinerja organisasi kemahasiswaan
  8. Kebijakan fakultas dan jurusan dalam mengalokasikan 10% dari dana pengembangan program studi (DPPS) untuk kegiatan kemahasiswaan, berdampak positif terhadap peningkatan kinerja organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas dan jurusan.

Bidang Kerja Sama

FBS memiliki kerja sama dengan beberapa lembaga di dalam dan luar negeri, antara lain dengan:

  1. Pemerintah Prancis, dalam bidang pengajaran bahasa Prancis, beasiswa untuk mahasiswa, dan dosen.
  2. Pemerintah Jerman, melalui atase pendidikan di Berlin, dalam kegiatan seni tari dan seni musik.
  3. DAAD dan Goethe Institut, dalam bidang pengajaran bahasa Jerman dan beasiswa untuk mahasiswa
  4. Universitas Konstanz, dalam penyelenggaraan “Double degree” Jurusan Bahasa Jerman, yaitu bahasa Jerman dalam bidang pariwisata.
  5. Pemerintah Italia (Istituto Italiano di Cultura) dalam pameran seni dan Master Class Musik
  6. PASIAD Turki, dalam bidang pengajaran bahasa Turki dan BIPA.
  7. Al Minia University di Mesir dalam bidang pengajaran bahasa Arab.
  8. Universitas San’a di Yaman.
  9. Guangxi Normal University, Guilin China dalam pengajaran bahasa Mandarin/China dan bahasa Indonesia.
  10. Dikti, dalam penyelenggaraan praktikum bagi penutur asing (mahasiswa Jerman)
  11. Badan bahasa, dalam pengajaran dan penelitian bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  12. Pemerintah daerah Bekasi dalam program pengajaran bahasa Indonesia
  13. Pemerintah Daerah DKI Jakarta dalam program peningkatan profesi guru.