[easingslider id=”8829″]

Pada Selasa, 8 Juni 2021, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) mengundang Satuan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (SPM UNJ) untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Triwulan I. Bertempat di kediaman masing-masing, kegiatan MONEV ini dilaksanakan secara daring melalui media zoom meet. Hadir dalam kegiatan, jajaran Dekanat FBS, tim GPjM fakultas, para Koordinator Layanan, Koordinator Praktik Kerja Lapangan, Koordinator Praktik Keterampilan Mengajar, Kepala Pusat Kajian Jurnal Bahasa, Kepala Pusat Kajian Jurnal Seni, Ketua Pusat Kajian Edukasi Betawi, serta Kepala Laboratorium Pengembangan Karir dan Kerja sama. Bertindak sebagai Asesor pada kegiatan MONEV kali ini ialah Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si.

Ketua GPjM FBS, Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. membuka kegiatan dengan ucapan terima kasih atas kesediaan SPM mengakomodasi pelaksanaan MONEV Triwulan I yang sedianya dilaksanakan lebih awal. Frida juga melaporkan tindak lanjut pemenuhan tagihan dokumen hasil temuan pada kegiatan Audit Mutu Internal (AMI), 13 Januari 2021 yang lalu. Ibu Dekan, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dalam arahannya menyampaikan bahwa fakultas telah berupaya menindaklanjuti semua hasil temuan kegiatan AMI khususnya pada dokumen yang terkait dengan keselarasan antara implementasi perbaikan, pengembangan, dan peningkatan kuantitas maupun kualitas pencapaian program kerja 2021 yang telah dicanangkan dengan tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU). “Semoga kegiatan MONEV Triwulan I berjalan dengan lancar dan selalu tercipta komunikasi, koordinasi yang baik dengan SPM sehingga segala temuan yang dijumpai bisa ditindaklanjuti untuk dilengkapi,” tutup Liliana.

Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si. memulai MONEV dengan memberikan apresiasi kepada FBS karena program-program kerja yang disusun oleh FBS sudah merujuk pada IKU yang ditetapkan dalam standar SPM yang secara langsung tentunya akan selaras pula dengan kebutuhan standar BAN-PT. Dian Alfia menambahkan, “Pendokumentasian kegiatankegiatan program kerja sangat rapi dan komprehensif, nyaris tanpa temuan,” Oleh karena itu, asesor hanya mengklarifikasi ketersediaan dokumen yang membuktikan adanya aktivitas prodi dalam penyusunan program-program kerja khususnya yang berorientasi pada kurikulum MBKM, untuk dapat diunggah juga pada tautan Google Drive. Selain itu, dijumpai koreksi pada time line masing-masing uraian  IKU, yang seharusnya per triwulan namun tersaji per tahun. “Time line  harus rasional agar  informasi dan data yang tersaji dapat terelaborasi secara relevan. Capaian berdasarkan target sesuai kontrak kerja dekan dengan rektor per triwulannya” Dian Alfia mengoreksi.

Namun secara keseluruhan, Ibu Dian tidak mendapati temuan yang bersifat substantif sehingga dapat dikatakan jika hasil MONEV Triwulan I ini sangat baik ditandai dengan lengkapnya dokumen-dokumen kerja dan pendukung yang sudah sesuai dengan standar IKU, AMI, dan BAN-PT. Rekomendasi asesor pada MONEV Triwulan I ini tentunya akan ditindaklanjuti dengan upaya perbaikan dan peningkatan oleh tim GPjM bersinergi dengan tim TPjM prodi dan seluruh unsur fakultas untuk menyongsong kesiapan MONEV Triwulan II. (ren)