Raih Akreditasi UNGGUL, Universitas Negeri Jakarta Berpacu dalam Prestasi

Raih Akreditasi UNGGUL, Universitas Negeri Jakarta Berpacu dalam Prestasi

Selamat kepada almamater kita tercinta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang meraih akreditasi UNGGUL! Predikat ini didiseminasikan dalam Konferensi Pers Akreditasi Unggul pada 5 Februari 2021 di Aula Latif Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika UNJ. Segenap sivitas akademika di lingkungan UNJ, khususnya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menyambut hasil reakreditasi ini dengan suka cita. Akreditas UNGGUL ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) No. 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021. Asesmen Lapangan yang dilaksanakan pada 25-26 Januari 2021 telah menggiring UNJ pada terpenuhinya syarat peringkat Akreditas Unggul dengan nilai 366. Predikat Unggul ini mulai berlaku per 2 Februari 2021 hingga 2 Februari 2026.

Sebagaimana kita ketahui, upaya keras tim Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UNJ mendapat dukungan penuh dari seluruh jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni,  mitra dan pengguna UNJ. Dukungan diberikan khususnya untuk hal-hal yang behubungan dengan pemenuhan data-data borang akreditasi, penjaminan mutu, akuntabilitas, dan lain-lain. Tak ketinggalan pula, pada kegiatan Asesmen Lapangan, segenap warga UNJ memberikan semangat dan dukungan dalam bentuk koordinasi dan konsolidasi antar unit-unit terkait sehingga para asesor dapat memperoleh jawaban yang memuaskan atas  konfirmasi dan verifikasi dokumen-dokumen yang tersaji. 6 Asesor yang bertugas pada Asesmen Lapangan ialah Prof. Suhanan dari Universitas Gajah Mada selaku Anchor, Prof. Muslimin Ibrahim dari Universitas Negeri Surabaya, Prof. Indra Maipita dari Universitas Negeri Medan, Prof. Seger Handoyo dari Universitas Airlangga, Johan Andoyo Effendi Noor, Ph.D, dari Universitas Brawjaya, dan Dr. Indriaty Sudirman dari Universitas Hasanudin.

Dukungan FBS pada kegiatan Asesmen Lapangan terrefleksi dari kesiagaan tim GPJM mengantisipasi penyediaan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh tim APT UNJ serta tim sarpras yang mempersiapkan fasilitas sarpras sehari sebelumnya untuk dapat ditunjukkan kepada tim asesor jika diminta. Fasilitas sarpras tersebut di antaranya ruang kuliah, ruang praktik, studio musik dan tari, ruang dosen, loket, hingga toilet. Kelayakan sarpras ini tentunya memberikan poin penilaian tersendiri pada sesi konfirmasi.

Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. mengungkapkan kebangaannya atas hasil reakreditasi Unggul yang diraih ini. Akreditasi Unggul semakin mengukuhkan UNJ sebagai salah satu universitas terbaik di negeri ini yang mampu bersaing dalam prestasi. Hal ini semakin membuka lebar jalan menuju universitas bereputasi di Asia. Tak lupa apresiasi disampaikan oleh Pak Rektor untuk segenap keluarga besar UNJ atas dukungan dan kontribusi yang telah diberikan.

Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Dekan FBS, juga mengungkapkan rasa bangga atas predikat Unggul yang diraih serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni yang telah ditunjuk oleh UNJ sebagai perwakilan pada kegaiatan Asesmen Lapangan. “Alhamdulillah UNJ meraih APT unggul. Semoga ini menjadi pemicu semangat kita terus maju. Tinggalkan ketertinggalan kita dari LPTK lain. Kejar prestasi. Gerak cepat semua raih prestasi dan IKU. Terima kasih dukungan koorprodi semua.” Ibu Dekan menyemangati.

Selamat dan sukses! UNJ siap menyongsong predikat universitas bereputasi di Asia! (ren)