Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

Pada Jumat, 29 Januari 2021, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) secara daring menghelat kegiatan tahunan bidang kemahasiswaan yaitu Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat fakultas yang diikuti oleh 11 finalis,  mewakili 11 program studi. Sejatinya, ada 12 finalis yang terseleksi, namun satu finalis dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang tidak dapat berpartisipasi tahun ini dengan alasan kesehatan.

Pembinaan dan seleksi Mawapres FBS telah dimulai sejak Desember 2020. Setiap program studi mengirimkan beberapa calon mahasiswa berprestasi (mawapres) utk mengikuti 3 bidang pembinaan, yaitu Karya Tulis Ilmiah, Improptu Speech, dan Psikologi. Dari rangkaian kegiatan tersebut, terseleksilah 1 finalis dari setiap program studi untuk melanjutkan perjuangannya dalam puncak even Grand Final Pilmapres FBS tahun 2021.

Acara Grand Final Pilmapres FBS dihadiri oleh 53 audiens dengan undangan kehormatan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, M.Si. Hadir pula jajaran Dekanat FBS beserta para koordinator program studi, pembina mawapres, pembimbing BEM, 11 finalis, serta dewan juri: Aam Amaningsih Jumhur, M.T., dari Fakultas Teknik, Ati Sumiati, S.S., M.Hum., dari FBS, dan Iriani Indri Hapsari, S.Psi., M.Psi., dari Fakultas Psikologi.

Kegiatan dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Mars FBS serta dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FBS, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Dalam laporannya, Syamsi Setiadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para koordinator program studi, pembina mawapres: Dr. Darmahusni, M.A., Dr. Ifan Iskandar, M.Hum., Ati Sumiati, S.S., M.Hum., dan Iriani Indri Hapsari, S.Psi., M.Psi. atas bimbingan dan dukungannya. “Mudah-mudahan kami menemukan yang terbaik untuk dititipkan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan pada ajang Pilmapres universitas Maret nanti, dan semoga perwakilan FBS bisa meraih kesuksesan hingga mewakili UNJ dalam pilmapres tingkat nasional,” ujar Syamsi Setiadi menutup laporannya. Agenda dilanjutkan dengan sambutan Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Beliau mengapresiasi dukungan Wakil Rektor yang selalu mengawal kegiatan mawapres semua fakultas. Tak ketinggalan kepada para panitia, pembina mawapres, pembimbing BEM, para juri, serta orang tua finalis yang turut menyaksikan ajang ini. “Kegiatan mawapres bisa mendongkrak pemeringkatan UNJ melalui prestasi mahasiswa yang menunjang pemeringkatan tingkat nasional dan internasional,” Liliana menambahkan. Keunggulan FBS di bidang seni khususnya, telah menorehkan banyak prestasi, seperti yang diraih oleh 12 mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik yang memenangkan 12 kategori kompetisi musik internasional di Italia. Liliana menegaskan, “Koordinator program studi harus selalu mendukung untuk mencari peluang-peluang kompetisi meskipun di saat pandemi.” Tak ketinggalan sambutan Dr. Abdul Sukur, M.Si. yang mengapresiasi FBS atas kegigihan dalam memperjuangkan dan membina mahasiswa berprestasi. “UNJ menutup akhir tahun 2020 dengan 2 prestasi gemilang yang diraih oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik dengan 12 medali emas dan mahasiswa Fakultas Ilmu Olah Raga dengan 1 medali perak, kedua-duanya dalam kompetisi internasional. ¬†Dalam kondisi pandemi jangan pasrah, tetap junjung tinggi almamater dengan mengambil peluang-peluang kompetisi yang sangat terbuka melalui daring,” ujar Abdul Sukur.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan Karya Tulis Ilmiah dari para finalis. Juri bidang penalaran, Aam Amaningsih Jumhur, memberikan apresiasi yang tinggi kepada para finalis atas ide-ide kreatifnya yang tertuang dalam karya tulis mereka. Ide-ide para finalis pada umumnya bertutur tentang penciptaan aplikasi yang dapat menjembatani kebutuhan dan efektifitas pembelajaran daring bagi siswa maupun mahaiswa. Karya tulis disajikan dengan penuh antusias, percaya diri, dan semangat. Begitu pula pada sesi impromptu speech yang mengeksplorasi kefasihan para finalis berkomunikasi dengan bahasa Inggris dalam atmosfir akademik. Mosi demi mosi yang diajukan kepada para finalis dapat terjawab dengan baik dan cerdas. Hal ini sungguh sangat membanggakan karena semua finalis memiliki kecakapan yang nyaris sama satu dengan yang lainnya. Namun demikian, setelah melalui proses penjurian yang ketat, akhirnya terpilihlah para pemenang dalam even Pilmapres FBS tahun 2021, sebagai berikut:

Juara I: Siti Pujawati Nurmalasari dari Program Studi Pendidikan Musik

Juara II: Muhammad Latif Busyeiri dari Program Studi Sastra Inggris

Juara III: I Dewa Ayu Ketut Ning Sastriyani dari Program Studi Pendidikan Tari

Mawapres¬† Terfavorit: Halimatus Sa’diyah dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mawapres Berbakat: Muhamad Restu Ali dari Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis

Mawapres Terinspiratif: Chairunnisa Nurul Fira dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Selamat kepada para pemenang, semoga dalam even Pilmapres UNJ dapat membanggakan FBS dengan meraih kemenangan maksimal. Selamat juga kepada seluruh finalis Mawapres yang telah memberikan performa terbaiknya dalam ajang Pilmapres FBS 2021 kali ini. Semoga kebanggaan ini terus memotivasi untuk berprestasi lebih baik dan baik lagi pada tingkat nasional maupun internasional. Selamat, dan gemilang FBS! (ren)