WISUDAWAN PROGRAM S1 DAN S2 FAKULTAS BAHASA DAN SENI DALAM KEKHIDMATAN WISUDA VIRTUAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

WISUDAWAN PROGRAM S1 DAN S2 FAKULTAS BAHASA DAN SENI DALAM KEKHIDMATAN WISUDA VIRTUAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

WISUDAWAN PROGRAM S1 DAN S2 FAKULTAS BAHASA DAN SENI DALAM KEKHIDMATAN WISUDA VIRTUAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Momen yang dinantikan oleh segenap lulusan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) semester Genap T.A. 2019/2020 telah tiba pada penghujung dalam seremoni wisuda, perhelatan yang digelar setahun dua kali oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Wisuda kali ini dilaksanakan secara tatap muka di Gedung Olah Raga Kampus B UNJ maupun tatap maya melalui Zoom Meet pada Sabtu, 24 November 2020. Wisudawan yang hadir dalam tatap muka adalah para wisudawan terbaik yang mewakili 8 fakultas. Pada semester genap ini, FBS meluluskan 323 wisudawan dari 13 program studi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Tari, Pendidikan Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Mandarin, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Segenap jajaran senat, Guru Besar, dan pimpinan UNJ hadir dalam acara wisuda yang juga mengundang Wakil Ketua MPR RI, Ketua Komisi X DPR RI dan para anggota DPR RI, Dirjen DIKTI Kemdikbud RI dan para pimpinan di lingkungan Kemdikbud, Panglima Komando Armada Barat RI, serta para rektor 12 LPTK se-Indonesia. Wisuda diawali dengan laporan pelaksanaan dari Wakil Rektor I, Prof. Dr. Suyono, M.Si. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada 2.946 wisudawan UNJ dari 8 fakultas yang telah menyelesaikan jenjang D3, S1, S2, dan S3. Disebutkan pula oleh Suyono sejumlah wisudawan UNJ yang berprestasi dan mengharumkan nama UNJ di kancah internasional. Salah satu mahasiswa berprestasi tersebut ialah Aditya Gilang Rumpaka dari Program Studi Sastra Inggris FBS yang menjadi delegasi Indonesia pada ASEAN Youth Interfaith Camp, Oktober 2020.

Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Rektor UNJ juga memberikan sambutannya dengan menebarkan harapan kepada para wisudawan, “Dengan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki, lulusan UNJ dapat terus berkarya dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara.” Komarudin juga berpesan agar ilmu-ilmu yang telah kita pelajari harus kembali ke lima subject matter, yang menjadi bingkai Mahzab UNJ, yakni ekologi, kebudayaan, pendidikan, sastra, olah raga dan kesehatan sehingga ilmu tersebut tidak kehilangan konteksnya, konteks Indonesia. Sebuah refleksi sosio-historis “Dari Rawamangun untuk Indonesia dan Dunia” yang merupakan tema wisuda diceritakan oleh Rektor Komarudin. Refleksi ini menggali pemikiran Soekarno dalam prasasti Daksinapati yang mengilustrasikan sebuah City of Intellect, Rawamangun, Kota Mahasiswa Djakarta. Hal ini diutarakan agar jejak sosio-historis ini dapat membangun pondasi kampus yang kokoh, unggul, dan terdepan di Indonesia bahkan dunia. Terkhusus bagi para wisudawan, “Dalam mengaplikasikan ilmunya, hendaklah lulusan UNJ memegang budaya kerja, mutu dan prestasi dengan selalu menjunjung akhlak mulia, membela yang lemah, dan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Komarudin di akhir sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan wisudawan terbaik yang diikuti oleh pelantikan wisudawan. 2 wisudawan terbaik FBS mewakili hadir dalam prosesi tatap muka, yaitu: Murni Samosir dari Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Dara Fitiriana Adinda Agrin dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Merupakan kehormatan tersendiri bagi para wisudawan terbaik khususnya wisudawan FBS karena mendapat apresiasi dari Rektor UNJ yang menyematkan langsung medali penghargaan kepada mereka serta ucapan selamat dari seluruh jajaran senat dan pimpinan. Tak kalah pentingnya, sebagai bagian pula dari rangkaian acara wisuda, 2 wisudawan perwakilan selanjutnya mengumandangkan Ikrar dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UNJ yang telah mengantarkan mereka ke gerbang awal mencapai kesuksesan di masa depan.

Prosesi acara wisuda UNJ dilanjutkan dengan prosesi penyerahan ijazah yang dilakukan di fakultas masing-masing secara daring. Namun sebelumnya, dilaksanakan penyerahan wisudawan kepada Ikatan Alumni UNJ, yang merupakan sesi penghujung wisuda UNJ Semester Genap T.A. 2019/2020. (ren)