Akreditasi Lapangan Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

Akreditasi Lapangan Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

Akreditasi Lapangan Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (PBP FBS UNJ) menindaklanjuti jadwal pelaksanaan Asesmen Lapangan oleh BAN-PT dalam rangka akreditasi program studi pada Rabu-Kamis, 21-22 Oktober 2020 secara daring melalui ruang virtual zoom meet dan luring di Ruang Sidang E214 FBS. Kegiatan akreditasi lapangan dilaksanakan selama 2 hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari pertama, dan 08.00-20.00 WIB pada hari kedua.

Kegiatan asesmen dihadiri oleh Wakil Rektor I UNJ, Prof. Dr. Suyono, M.Si., para asesor BAN-PT yaitu Dr. Hayatul Cholsy, S.S., M.Hum. dari Universitas Gajah Mada serta Dra. Roswita Lumban Tobing, M.Hum. dari Universitas Negeri Yogyakarta, jajaran Dekanat, Kepala Bagian Tata Usaha beserta Kepala Sub Bagian, Ketua dan Sekretaris GPJM, tim akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, serta sejumlah tenaga kependidikan pendukung kegiatan asesmen.

Dipandu oleh pewara Ati Sumiati, M.Hum, sesi pembukaan diawali dengan sambutan Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Ibu Liliana mengucapkan terima kasih atas kesediaan para asesor dalam asesmen lapangan ini mengingat jadwal awal pelaksanaan yang sempat tertunda hampir satu tahun lamanya. “Arahan, pembinaan, dan rekomendasi akan menjadi perbaikan ke depan sehingga PBP dapat meningkatkan mutu sesuai standar yang telah ditetapkan dan tentunya meraih nilai akreditasi yang memuaskan, ” Liliana berharap.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Wakil Rektor I UNJ, Prof. Dr. Suyono, M.Si. yang sangat mendukung kegiatan asesmen lapangan ini. “Akreditasi program studi yang baik pastinya akan memberi kontribusi yang besar terhadap akreditasi universitas.” kata Suyono.

Pewara selanjutnya memperkenalkan panelis asesor sekaligus mempersilakan para asesor untuk memberikan sambutan. Ibu Roswita menyampaikan, “Asesmen ini tentunya akan menghasilkan masukan-masukan yang bisa membawa perbaikan bagi bersama. Semua masukan tersebut sebaiknya ditambahkan pada borang. Tentunya banyak sekali hal-hal yang sudah terjadi dalam kurun waktu hampir satu tahun yang belum dimasukkan ke dalam data borang.” Sementara itu, Ibu Hayatul juga menambahkan, “Masukan dari para asesor akan menjadi lampiran pada borang yang kemudian diajukan ke BAN-PT,” Sebelum memasuki sesi konfirmasi, acara didahului dengan penandatanganan pernyataan yang dilakukan oleh pimpinann UPPS dan asesor.

Beberapa sesi terjadwal pada hari pertama, yaitu sesi kofirmasi dengan pimpinan UPPS dan koordinator program studi, pelaksana penjaminan mutu, tim akreditasi, dan pengelola sistem informasi. Sementara pada hari kedua, dilaksanakan sesi konfirmasi dengan alumni dan pengguna eksternal, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Salah satu asesor, Roswita Lumban Tobing pada sesi konfirmasi dengan pimpinan UPPS menyoal diantaranya tentang pemahaman sivitas Program Studi PBP terhadap visi dan misi program studi, tata pamong, SOP, RPS, dan jumlah mahasiswa putus kuliah. Sementara itu, Hayatul Cholsy mengonfirmasi tentang kepemimpinan operasional dan organisasional, rasio dosen, pelatihan untuk membekali mahasiswa terjun ke dunia kerja, mata kuliah yang mengakomodasi keterampilan bekerja, lapangan pekerjaan bagi alumni, dan lain-lain. Sesi konfirmasi ini semakin berkembang dengan bahasan yang lebih detail khususnya terkait dengan data excel program studi. Sejumlah data yang belum terbaharui dengan kondisi riil atau data yang tidak sinkron antara fakultas dan program studi menjadi rekomendasi perbaikan dari para asesor.  Rencana pengembangan UPPS, sistem pengelolaan dan capaian yang dilaporkan juga mewarnai sesi pada hari pertama. Selain itu, para asesor juga menggali informasi dari GPJM tentang implementasi, hasil dan efektifitas proses SPMI di UPPS, dan dikawal oleh tim dekanat, para asesor mengonfirmasi seputar pelaksanaan program akademik dan pengelolaan sumber daya di FBS.

Pada hari kedua, sesi tanya jawab berlangsung dengan alumni dan pengguna eksternal. Pada sesi ini, para asesor menyimak testimoni kiprah alumni, harapan, dan masukan mereka. Salah satu alumni, Intan Oktaviani, Guru SMA Pelita Jakarta menuturkan, “Para guru alumni PBP yang tergabung dalam MGMP Bahasa Prancis kerap kali melaksanakan progran-program pembelajaran dan pelatihan bahasa Prancis tidak hanya bagi siswa tetapi juga masyarakat umum. Program-program ini selalu mendapat anino yang positif,” Efektifitas tracer study yang telah dilaksanakan juga menjadi sorotan untuk menunjukkan bahwa kiprah para alumni tersebut baik di dunia kependidikan maupun non kependidikan dapat mengukuhkan eksistensi program studi. Pada akhir sesi dengan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, para asesor mengonfirmasi butir-butir kinerja, keterlibatan, pelayanan dan kepuasan.

Kegiatan asesmen lapangan berakhir pada pukul 20.00 WIB setelah sebelumnya para asesor melakukan kerja mandiri untuk menyusun berita acara. Kegiatan ditutup dengan penyampaian feedback dan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh pimpinan UPPS terlebih dahulu untuk dikirimkan ke panel asesor agar ditandatangani dan dikirimkan ke BAN-PT. Feedback tersebut tentunya menjadi data dan informasi yang harus ditambahkan pada standar borang terkait sebagai bukti otentik peningkatan performa secara implementatif. (ren)