Penutupan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2020” Fakultas Bahasa dan Seni STAR

Penutupan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2020” Fakultas Bahasa dan Seni STAR

Penutupan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2020” Fakultas Bahasa dan Seni STAR

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) diakhiri dengan kegiatan penutupan bertajuk “FBS STAR” pada Sabtu, 19 September 2020 yang dilaksanakan melalui ruang virtual zoom meet. Pada acara penutupan PKKMB, terseleksilah para mahasiwa baru terbaik dari 12 program studi yang menjadi FBS Star pada tahun ini. Pemilihan FBS Star merujuk pada beberapa aspek penilaian dalam PKKMB, diantaranya kedisiplinan, keaktifan, kreatifitas, dll.

Acara diawali dengan  menyanyikan lagu Totalitas Perjuangan melalui tayangan video dan selanjutnya diwarnai dengan Talkshow Mawapres, Pengenalan Mabim,  Pengumuman Ketua Angkatan, sambutan-sambutan, dan satu persembahan yang sangat berkarakter yaitu Kebaya (Kenal Budaya) FBS. Puncak acara FBS Star ialah pengumuman FBS Award, yaitu apresiasi bagi para mahasiswa baru terbaik dalam kegiatan PKKMB, baik untuk tingkat program studi maupun tingkat fakultas. Adapun para peserta terbaik dari 12 program studi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Musik: Muhammad Hanafi
  2. Pendidikan Seni Rupa: Aditya Dimas Ramadhan
  3. Pendidikan Tari: M. Rafli Akbar
  4. Pendidikan Bahasa Arab: Sayid Ibnu Rahman
  5. Pendidikan Bahasa Jepang: Tyas Mahardhika Ardyn
  6. Pendidikan Bahasa Mandarin: Mohammad Gilang Aditya dan Sundari Damayanti
  7. Pendidikan Bahasa Prancis: Anugrah Pradipta Herdian
  8. Pendidikan Bahasa Jerman: Alessandro
  9. Pendidikan Bahasa Inggris: Julian Chelsea
  10. Sastra Inggris: Altafadhil Fernandavito dan Aneu Damayanti
  11. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Bagus Kurniawan
  12. Sastra Indonesia: Shavira Fatma

Selain itu terpilih juga 2 mahasiswa terbaik untuk kategori:

  1. Penugasan yel-yel, yaitu Angelina Winata dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Penugasan Esai dan Mind Mapping, yaitu Putri Faridatun dari Prodi Pendidikan Tari

Dan The best Award peserta PKKMB terbaik FBS dianugerahkan kepada Julian Chelsea dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Wakil Dekan III FBS, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. memberikan sambutan dalam acara FBS STAR dengan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga acara demi acara PKKMB baik tingkat fakultas maupun program studi berjalan dengan baik dan lancar, memberikan impresi yang tak terlupakan bagi mahasiswa baru terkhusus dengan penyelenggaraan tahun ini yang dilaksanakan secara daring. Apresiasi juga diberikan kepada jajaran pimpinan FBS yang telah memberikan dukungan, bimbingan, dan arahan.

Sebagai penanda berakhirnya kegiatan PKKMB, Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. menyampaikan sambutan penutupan kegiatan dengan memberi apresiasi yang tinggi kepada Wakil Dekan III, Ketua Pelaksana, Ketua BEM, seluruh panitia, koordinator program studi, dan dosen pembimbing yang telah bekerja keras dan cerdas serta mengawal kegiatan PKKMB hingga usai dengan baik, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti viral PKKMB di salah satu PTN. Ibu Liliana berpesan, “Menjadi mahasiswa FBS harus memiliki bersih fikir dan hati seperti tertulis dalam lirik Mars FBS yang diperdengarkan. Bahasa dan seni membangun peradaban, berfikir dengan bahasa dan menyeimbangkan dengan seni. Persembahan Kebaya adalah simbol FBS dalam menunjukkan bahwa FBS begitu berwarna.” Ibu Dekan juga berharap agar adik-adik mahasiswa baru selalu menjalin silaturahmi yang baik dengan kakak-kakak senior yang telah memberikan bimbingannya dalam kegiatan PKKMB ini. “Sampaikan salam untuk orang tua kalian semua, semoga PKKMB 2020 meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Keberagaman menyatukan hati semua.” Ibu Liliana menutup sambutannya. (ren)