Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Tahun 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru  Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Tahun 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Tahun 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) berlangsung pada 15-18 September 2020 melalui ruang virtual zoom meet. Kegiatan diawali dengan Pembukaan pada 15 September 2020. Hadir dalam pembukaan menyambut 657 mahasiswa baru FBS ialah seluruh jajaran pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni. Sebelum kegiatan dibuka secara resmi, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS, Sendy Fajar Riyadi memberikan sambutan dengan menyemangati para mahasiswa baru untuk dapat mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. “Menjadi bagian dari FBS, membuka jalan seluas-luasnya bagi mahasiswa baru untuk berkembang tidak hanya di bidang akademik namun juga non akademik yang kelak akan menjadi bekal bagi masa depan” ujar Sendy.  Sebelumnya, Rizki Dewanto selaku Ketua PKKMB juga menyampaikan prakata, ucapan selamat kepada para mahasiswa baru dan harapan agar kegiatan PKKMB ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan PKKMB selanjutnya dibuka oleh Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dengan memberikan apresiasi yang tinggi bagi mahasiswa baru FBS yang telah berjuang dan terseleksi dari sekitar dua belas ribu pendaftar dari berbagai jalur. Ibu Liliana memperkenalkan seluruh jajaran dekanat dan koordinator program studi di lingkungan FBS dan juga menyemangati mahasiswa baru agar bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari masa studi agar dapat segera berkiprah membawa nama FBS. Mahasiswa baru juga diberikan pengarahan tentang pentingnya kode etik mahasiswa yang harus dipatuhi agar tercipta atmosfir belajar yang kondusif dan saling mendukung. Ibu Liliana menutup sambutannya, “jalanilah masa perkuliahan dengan bahagia, tidak stress, dan selalu menjaga kesehatan.”

Sesi selanjutnya ialah perkenalan Kepala Bagian Tata Usaha FBS beserta para Kasubbag yang dilanjutkan dengan penyajian materi tentang layanan di bidang AKAMAWA, keuangan, dan umum yang tentunya dapat memberikan pencerahan bagi mahasiswa baru. Beberapa di antaranya adalah informasi tentang layanan perkuliahan, beasiswa, pendanaan kegiatan kemahasiswaan, serta tidak kalah pentingnya penyediaan sarana dan prasarana.

Acara pembukaan PKKMB dimeriahkan dengan berbagai persembahan karya para mahasiswa, yaitu pembacaan puisi tunggal dan berantai oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia serta Program Studi Sastra Indonesia, Tari Dedemenan oleh Program Studi Pendidikan Tari, serta lagu Bintang Kejora karya A.T. Mahmud oleh Program Studi Pendidikan Musik. Kesemuanya terkolaborasi dengan elok, penuh kehangatan, keharmonisan, dan semangat untuk berlomba-lomba mengembangkan potensi dan memberikan yang terbaik. Persembahan karya-karya tersebut sejatinya merupakan bentuk penyambutan dan apresiasi bagi mahasiswa baru, yang menggambarkan pula ciri khas FBS, yaitu fast, bright, and smart.

Selepas seremoni pembukaan PKKMB, agenda kegiatan dilanjutkan oleh BEM dan BPM dan ditutup dengan Forum Group Discussion. Pada 3 hari ke depan, sesi PKKMB dikoordinasikan ke masing-masing  program studi dimana para mahasiswa baru akan menjalani masa orientasi kampus secara daring. Berbagai materi terkait informasi dan arahan di bidang akademik dan non akademik tentunya akan disampaikan oleh para dosen. Selain itu, tidak ketinggalan sejumlah kegiatan mahasiswa yang telah didesain oleh BEM fakultas dan program studi juga akan mewarnai kegiatan PKKMB ini agar para mahasiwa baru juga mempunyai wawasan berorganisasi intra kampus. (ren)