Tantangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Kampus Merdeka Bersama Prof. Ilza Mayuni, M.A.

Tantangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi  Era Kampus Merdeka Bersama Prof. Ilza Mayuni, M.A.

Tantangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Kampus Merdeka Bersama Prof. Ilza Mayuni, M.A.

Unduh PDF dibawah ini:

http://fbs.unj.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Webinar-FBS.IM_.Final_.pdf

Pada Senin, 15 Juni 2020, pukul 13.00-15.10. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menyelenggarakan acara dengan tema Tantangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Kampus Merdeka. Acara tersebut dibuka oleh Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Sejumlah dosen pada program studi di lingkungan FBS mengikuti acara tersebut. Pewara pada acara ini yaitu Wakil Dekan II, Dr. Dian Herdiati, M.Pd., dan narasumbernya, Prof. Ilza Mayuni, M.A., dari Progema Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FBS.

Rangkaian acara tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, narasumber memaparkan materi tentang Tantangan FBS Menghadapi Era Kampus Merdeka, Tantangan Era Industri 4.0, Kompetensi Abad 21, Pengembangan Profesi Guru, Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, Implikasi Kompetensi Kelulusan, Implikasi Pengembangan Karier Dosen, Fokus dalam Publikasi, dan FBS Menjawab Tantangan. Tantangan era industri 4.0 meliputi budaya belajar yang inovatif, kurikulum yang adaptif, sarana yang cukup, dan dosen yang kompeten, sehingga dapat menciptakan lulusan yang siap bekerja. Kompetensi lulusan mencakup penguasaan ilmu masa depan, kompetensi abad 21, magang pada industri kreatif, serta pemutakhiran kurikulum.

Kompetensi abad 21 sangat diperlukan melalui pengetahuan (apa yang diketahui), keahlian (bagaimana menggunakannya), dan karakter (bagaimana mengaitkannya). Implikasi pengembangan karier dosen juga diperlukan dan diterapkan dalam jabatan fungsional, penelitian dan publikasi, unjuk kerja pada jejaring keilmuan, buku ajar kekinian, pemelajaran sepanjang hayat, serta perubahan pola pikir dan orientasi. Selain pemaparan materi, dilakukan juga tanya-jawab dan diskusi. Pada sesi kedua, Prof. Ilza Mayuni, M.A., memberikan masukan dan saran dalam menghadapi era kampus merdeka. Acara diakhiri dengan foto bersama secara virtual. (RO)

 

.