Forum FBSI LPTK Se-Indonesia di Gorontalo

Forum FBSI LPTK Se-Indonesia di Gorontalo

Forum FBSI LPTK Se-Indonesia di Gorontalo

Revitalisasi Kurikulum Prodi yang berorientasi pada Literasi Baru menjadi isu hangat dan topik yang diangkat dalam Forum Fakultas Bahasa dan Seni Indonesia (FBSI) LPTK Se-Indonesia di Gorontalo. Topik kedua ialah tentang Paradigma Baru Penjaminan Mutu Program Studi. Kedua topik ini dibahas bersama oleh semua ketua program studi di FBS dari 12 LPTK di Indonesia, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Makassar (UNM), Università Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Manado (Unima), dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG); tidak terkecuali 13 Koorprodi di FBS UNJ. Selain itu, Wakil Dekan I FBS UNJ Bapak Ifan Iskandar berkesempatan menjadi pembicara dalam FFBSI LPTK Se-Indonesia di Hotel Horison Gorontalo ini dengan mengangkat topik Revitalisasi Kurikulum Prodi Pendidikan yang berorientasi pada Literasi Baru. Kegiatan FFBSI LPTK Se-Indonesia pada tahun 2019 ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo sebagai pihak tuan rumah, pada 3-5 September 2019 di Hotel Horison Gorontalo. Semua koorprodi FBS UNJ pun turut serta mengirimkan makalah seminar nasional yang relevan dengan topik-topik yang diajukan panitia UNG.

Pada hari pertama Forum FBS, pada 4 September 2019, pukul 09.00-17.30, semua peserta menyimak dahulu paparan dari para narasumber mengenai topik Penguatan SDM menghadapi revolusi industri 4.0 oleh Dirjen SDM Kemenristekdikti. Kemudian, hadirin menyaksikan Pelantikan Ketua dan sekjen Forum FBSI LPTK Se-Indonesia yang dilantik oleh Pak Dirjen Belmawa Dikti. Selanjutnya berturut-turut paparan tentang Implementasi Pembelajaran (pengembangan bahan ajar, metodologi, media, dan evaluasi) berbasis teknologi digital; Penguatan Karakter Mahasiswa memenuhi tuntutan dunia global, Revitalisasi Kurikulum FBS yang berorientasi pada Literasi Baru; Paradigma Baru Penjaminan mutu program studi; serta Praktik-Praktik Akreditasi Internasional Program Studi melalui Lembaga ASIC oleh UNY yang telah melaksanakannya dan oleh UNP yang telah melakukan Akreditasi Internasional AUN-QA.
Rombongan dari FBS UNJ yang terdiri atas Dekan dan ketiga Wakil Dekan FBS UNJ, serta 13 Koorprodi di FBS UNJ turut serta berpartisipasi aktif dalam Forum FBSI LPTK Se-Indonesia di Gorontalo ini pada 3-5 September 2019. (nlm)