Diskusi Kelompok Terpumpun Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Terindeks

Diskusi Kelompok Terpumpun Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Terindeks

Diskusi Kelompok Terpumpun Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Terindeks

Sebanyak 30 dosen memenuhi undangan Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk bersama-sama menggali ilmu mengenai Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Terindeks dari Bapak Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum., (dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Kegiatan yang dilakukan pada Senin, 24 Juni 2019 ini dikemas dalam bentuk diskusi kelompok terpumpun yang dibuka oleh Wakil Dekan I FBS Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 di Aula Gedung Syafei Lantai 6 UNJ ini dipandu oleh Koordinator Gugus Penjaminan Mutu FBS, Ibu Ati Sumiati, M.Hum.

Bapak Kundharu dalam paparannya menjelaskan tentang struktur atau sistematika artikel ilmiah, kiat-kiat menulis artikel ilmiah agar bisa tembus di jurnal terindeks scopus, referensi-referensi yang bisa digunakan, dan jurnal apa saja yang bisa menjadi sasaran artikel ilmiah pada bidang bahasa. Para dosen yang mewakili 13 program studi di FBS ini secara intens menyimak paparan narasumber dan mereka pun aktif bertanya.

Setelah jam rehat siang, kegiatan dilanjutkan dengan konsultasi artikel ilmiah dan pembahasan satu demi satu artikel ilmiah peserta kegiatan oleh narasumber. Namun sayangnya, kegiatan yang sangat bermanfaat ini harus diakhiri pada pukul 15 karena Bapak Kundharu mesti bertolak kembali ke Surakarta petang harinya. Kegiatan pun ditutup oleh Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Namun, ini bukanlah pertemuan terakhir. Akan ada seminar dan lokakarya penyusunan artikel ilmiah untuk submit ke jurnal terindeks pada pertemuan berikutnya, dengan tetap mengundang Bapak Kundharu sebagai narasumbernya, demikian penjelasan Dekan FBS UNJ. Kegiatan ini memang sudah diagendakan oleh bidang akademik FBS UNJ untuk mengakomodasi dan mewadahi hasil penelitian para dosen di tahun 2018 lalu, tetapi belum diajukan ke jurnal ilmiah bereputasi. Selain itu, Wakil Dekan I FBS pun menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan atmosfer akademik yang positif dan meningkatkan budaya menulis artikel ilmiah para dosen di lingkungan FBS. (nlm)