INFO DAY

INFO DAY

INFO DAY

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan kegiatan INFO DAY pada Jumat, 26 April 2019 di Lobi Latif Hendraningrat Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta dengan mengusung tema INDIE (Inspiring Discussion and In-Depth Learning). Kegiatan tidak hanya dikemas dalam bentuk open house, tetapi juga dalam bentuk diskusi panel membahas seputar informasi tentang UNJ. Lebih menariknya lagi, kegiatan yang dihadiri oleh siswa SMA se- Jabodetabek sebagai peserta ini juga menyelenggarakan tes minat, bakat, serta kemampuan bagi peserta. Open house diisi oleh stand dari delapan fakultas di lingkungan UNJ, dua stand masing-masing dari Pascasarjana dan PENMABA. Tujuan dari kegiatan INFO DAY ini adalah untuk memberikan informasi kepada siswa SMA calon mahasiswa tentang fakultas beserta dengan program studi (prodi) di lingkungan UNJ yang memiliki keunggulan masing-masing dalam mencetak para lulusannya.

Dalam kegiatan ini, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dengan stand-nya yang sangat semarak, menyuguhkan berbagai informasi kepada peserta dalam bentuk media tekstual, visual, dan audio-visual. Tertampil pada sajian audio-visual, selayang pandang tentang tiga belas prodi yang ada di lingkungan FBS, serta sederetan kegiatan dan prestasi mahasiswa yang diraih yang berhasil menempatkan beberapa prodi FBS pada 10 peringkat teratas keketatan pada jalur SNMPTN. Selain itu, stand juga dihiasi oleh berbagai piala prestasi mahasiswa dan hasil karya prodi, seperti ornamen gantung, coretan puisi, seni kaligrafi, patung, keramik, kriya, dll. Tak kalah serunya, dalam sesi open house ini FBS memamerkan kegiatan membuat seni kaligrafi China dan seni lukis heyna. Para mahasiswa dari ketiga belas prodi yang secara bergiliran menjaga stand juga mengenakan kostum khas negara seperti kostum kebaya dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia,  kostum shanghai dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, kostum dirndl dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, dan kostum turkish dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Stand banyak dikunjungi oleh peserta karena keunikan tampilannya. Dalam sesi show-off, peserta pun juga bisa langsung berinteraksi dan terlibat dalam pembuatan seni kaligrafi China dan seni lukis dengan heyna.

Dari semua suguhan yang ditampilkan di stand, FBS juga mendapatkan kehormatan untuk mengisi rangkaian kegiatan seremonial INFO DAY tersebut, yaitu pada sesi hiburan. Sesi ini mempertunjukkan keunggulan Prodi Pendidikan Musik dan Pendidikan Tari yang seringkali membawa harum nama UNJ di bidang pengembangan budaya. Pada kesempatan yang disediakan oleh panitia tersebut, Prodi Pendidikan Musik berkolaborasi dengan Prodi Pendidikan Luar Biasa FIP menyajikan musik dan lagu yang dinyanyikan dan diinterpretasikan melalui bahasa isyarat. Prodi Pendidikan Tari juga mendapat kesempatan untuk mempertunjukkan tarian daerah. Sungguh merupakan kebanggaan bagi FBS untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan INFO DAY. (ren)