Penandatangan Dokumen Kerja Sama FBS UNJ dengan Museum Nasional Indonesia

Penandatangan Dokumen Kerja Sama FBS UNJ dengan Museum Nasional Indonesia

Penandatangan Dokumen Kerja Sama FBS UNJ dengan Museum Nasional Indonesia

Pada Rabu, 8 Mei 2019, pukul 13.30-15.00 dilaksanakan penandatanganan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan Museum Nasional Indonesia (MNI). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat di Gedung Baru Lantai 7 Museum Nasional Indonesia. Pihak FBS UNJ dihadiri langsung oleh Dekan FBS UNJ Ibu Liliana Muliastuti sebagai pihak pertama dokumen PKS ini. Beliau didampingi oleh Wakil Dekan III FBS UNJ Bapak Syamsi Setiadi dan beberapa koordinator program studi (koorprodi) dan perwakilan prodi yang telah mengajukan program kegiatan dengan Museum Nasional Indonesia. Sementara dari pihak MNI sebagai tuan rumah, hadir Kepala MNI Bapak Siswanto, didampingi jajaran pimpinan (Kabag TU dan para Kepala Bidang terkait) di MNI.

Ibu Aning mewakili pihak MNI mengawali membuka kegiatan dengan mempersilakan Kepala MNI untuk menyampaikan sambutan di hadapan 17 orang yang hadir. Bapak Siswanto menyambut hangat dan terbuka PKS dengan FBS UNJ ini. Setelah itu, Dekan FBS menyampaikan sambutan dan apresiasi beliau kepada pihak MNI dengan sebelumnya memperkenalkan rombongan yang turut serta mendampingi beliau. Sebanyak 7 orang dari FBS UNJ hadir dalam acara penandatanganan PKS ini, yaitu Dekan, Wakil Dekan III, Koorprodi Pendidikan Musik, Koorprodi Pendidikan Tari, Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Koorprodi Sastra Indonesia, serta perwakilan Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin.

Sebagaimana telah dibincangkan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, kerja sama dengan MNI ini tentang sinergitas dan pengembangan penyelenggaraan program-program di bidang pendidikan dan kebudayaan. Di dalamnya meliputi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang bahasa, sastra, dan seni. Di antara bentuk kerja sama ini misalnya, Prodi Pendidikan Tari akan mengisi kegiatan lokakarya gamelan bagi pengunjung MNI, Prodi Pendidikan Musik mengadakan lokakarya musik jazz atau jenis musik lainnya, sementara itu dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia akan mengirimkan beberapa mahasiswa untuk mengikuti magang mata kuliah Penyuntingan, dari Prodi Sastra Indonesia mengirimkan mahasiswa untuk menunjang perkuliahan Filologi, dan sebagainya. PKS ini berjangka waktu setahun dahulu sebagai awal kerja sama. Selanjutnya, kerja sama akan diperpanjang kembali apabila setelah dievaluasi kedua pihak semua kegiatan terlaksana dengan baik. (nlm)