[easingslider id=”6315″]
Pada Kamis, 2 Mei 2019, pukul 10.00-15.00, di Ruang Rapat BMN Gedung Sjafei Lantai 6 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan kegiatan Pelatihan Strategi Publikasi Artikel Seni bagi Dosen di Lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) oleh Bidang Umum, Kepegawaian, dan BMN FBS UNJ. Tampak hadir Wakil Dekan II FBS dan Kasubag. Umum, Kepegawaian dan BMN FBS UNJ beserta staf. Kegiatan ini diikuti oleh delapan belas dosen seni dari tiga program studi (prodi) di FBS yaitu Prodi Pendidikan Seni Rupa, Prodi Pendidikan Tari, dan Prodi Pendidikan Musik. Narasumber kegiatan pelatihan ini ialah Aprina Murwanti, Ph.D., dosen Prodi Pendidikan Seni Rupa. Beliau seorang peneliti muda yang sangat aktif dan masuk ke dalam 50 besar peneliti produktif tingkat nasional. Berbagai artikelnya telah diterbitkan pada publikasi terakreditasi dan terindeks tingkat nasional maupun internasional.
Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan II FBS UNJ, Dr. Dian Herdiati, M.Pd. ini dilaksanakan agar para dosen seni dapat meningkatkan publikasi ilmiahnya pada jurnal terakreditasi dan terindeks nasional atau internasional. Urgensi publikasi ilmiah ini berlatar belakang dari banyaknya dosen yang belum dapat berproses untuk naik jabatan karena kurangnya publikasi. Kondisi jabatan dosen khususnya dosen seni FBS yang masih terkendala kebanyakan berada pada jabatan Asisten Ahli dan Lektor. Konsekuensinya, hal ini sangat berdampak pada akreditasi prodi dan fakultas.
Dari hasil pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber, rendahnya publikasi dosen seni disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan jenis-jenis jurnal yang dapat mengakomodasi artikel seni. Selain itu, dijumpai pula banyaknya dosen yang belum memahami bagaimana hasil penciptaan karya seni dosen dapat ditransformasi menjadi satu karya ilmiah yang memiliki nilai publikasi tinggi. Narasumber juga memberikan contoh-contoh yang sangat rinci tentang beberapa kendala yang sering dialami oleh dosen seni sehingga artikel mereka tidak dapat terpublikasi pada jurnal. Kegiatan pelatihan juga menghadirkan sesi diskusi, membahas mulai dari pencarian dan perumusan ide secara umum, teknik penulisan artikel yang efektif dan efisien, hingga strategi publikasi agar dapat berterima. Pada sesi terakhir, para peserta langsung bekerja dengan artikelnya masing-masing untuk mengecek apakah sudah sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan pada jurnal yang menjadi target mereka. Narasumber juga langsung mempraktikkan navigasi untuk “berburu” jurnal apa saja yang bisa mengakomodasi artikel para peserta. Pemaparan narasumber diakhiri pada pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan praktik melakukan registrasi dan mengunggah abstrak pada jurnal yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan peserta, sebagai keluaran kegiatan, pada sesi terakhir hingga pukul 15.00 WIB. Pelatihan publikasi artikel akan dilaksanakan secara berkesinambungan pada dua pekan mendatang dengan keluaran berupa artikel yang siap untuk diunggah pada target jurnal. (ren)