Kegiatan Outbond/Mancakrida Mahasiswa Penerima Beasiswa

Kegiatan Outbond/Mancakrida Mahasiswa Penerima Beasiswa

Kegiatan Outbond/Mancakrida Mahasiswa Penerima Beasiswa

Universitas Negeri Jakarta melalui bidang Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Hubungan Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Mancakrida Mahasiswa Penerima Beasiswa pada Jumat-Sabtu, 14 – 15 Desember 2018 di Richie The Farmer, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor. Acara tersebut diikuti oleh 100 mahasiswa yang terdiri atas penerima beasiswa PPA dan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua tahun 2018. 100 mahasiswa berasal dari 8 fakultas, yaitu Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Psikologi (FPsi), dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini yaitu Asep Ricky Subagya dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ. Selain mahasiswa, perwakilan pegawai dari 8 fakultas pun turut hadir untuk memantau jalannya kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan keberangkatan pada pukul 10.00 WIB dari UNJ menuju Bogor menggunakan tiga truk tronton, dua tronton untuk mahasiswi, dan satu tronton untuk mahasiswa. Setibanya di Richie The Farmer, sebanyak 100 mahasiswa diberikan arahan oleh panitia dari BAKHUM dengan membagi menjadi 14 kelompok tenda, yang terdiri atas 6 kelompok tenda pria dan 8 tenda wanita. Setelah itu, pada pukul 16.00 – 18.00 acara dimulai dengan pemaparan materi tentang beasiswa yang diisi oleh Dr. Syahril Chaniago, M.Pd. selaku perwakilan Kepala Bagian Umum Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pemaparan materi tersebut mendapat antusiasme yang tinggi dari mahasiswa, hal ini ditandai oleh banyaknya mahasiswa yang bertanya.

Setelah itu, kegiatan malam diisi oleh penampilan yel-yel setiap kelompok dan beberapa gim (games) yang menarik.

Keesokan harinya Sabtu, 15 Desember 2018 acara diawali dengan kegiatan senam bersama yang dipimpin oleh sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIO). Hingga acara puncak diisi oleh kegiatan Mancakrida setiap kelompok mengunjungi pos-pos yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa untuk bermain gim. Kegiatan mancakrida ini berguna untuk menguatkan kekompakkan anggota kelompok yang terdiri dari berbagai fakultas yang berbeda. Acara berakhir pada pukul 11.00 WIB. Yang ditandai dengan sesi foto bersama antara mahasiswa dan panitia pihak BAKHUM. (Ricky)