Seminar Nasional Hiski UNJ “Mediasi 2018: Sastra, Tradisi, dan Budaya Pop”

Seminar Nasional Hiski UNJ “Mediasi 2018: Sastra, Tradisi, dan Budaya Pop”

Seminar Nasional Hiski UNJ “Mediasi 2018: Sastra, Tradisi, dan Budaya Pop”

Pada pengujung November, tepatnya Jumat, 30 November 2018, di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai 2 UNJ, Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (Hiski) Komisariat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di bawah bidang akademik FBS UNJ menyelenggarakan kegiatan yang menjadi program tahunan Hiski UNJ, yaitu seminar nasional sastra. Tahun ini, seminar sastra difokuskan pada tradisi dan budaya pop. Pelaksana Tugas (Plt.) Wakil Rektor I UNJ, Bapak Dr. Ahmad Ridwan, M.Si. membuka secara resmi kegiatan Seminar Nasional Hiski UNJ dengan tema “Mediasi 2018: Sastra, Tradisi, dan Budaya Pop.”

 Sebelumnya, Ketua Hiski UNJ, Ibu Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. menyampaikan laporannya di hadapan pimpinan UNJ dan FBS yang hadir. Terdapat 1 pembicara kunci, yaitu Ibu Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., Ph.D. dari Universitas Padjadjaran pada sesi pertama, lalu 4 pembicara pada sesi kedua yaitu Ibu Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum., Ibu Dr. Ninuk Lustiyanti, M.Pd., Ibu Eva Leiliyanti, Ph.D., Bapak Dr. Irsyad Ridho, M.Hum., serta 35 pemakalah pendamping pada sesi ketiga hingga kelima pada pukul 13.00-17.00. Ketua Hiski UNJ yang juga merupakan dosen Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ ini pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Plt.WR I UNJ, Dekan FBS yang pada kesempatan itu diwakili oleh Wadek I FBS, serta kehadiran para koorprodi di lingkungan Pascasarjana UNJ dan FBS UNJ, serta para pengurus dan anggota Hiski UNJ yang hadir dan terlibat sebagai panitia.

 Moderator pada sesi pembicara kunci ialah Ibu Eva Leiliyanti, Ph.D., Wakil Ketua Hiski UNJ dan dosen Prodi Sastra Inggris FBS UNJ. Sementara pada sesi kedua, moderatornya ialah Bapak Hamzah Al-Ghazi atau Hamzah Muhammad, seorang penerjemah dan editor karya sastra. Kedua moderator hebat ini memandu sesi pertama dan kedua dari mulai pukul 09.15 hingga 11.45 dan di antara kedua sesi, ada penampilan Septio mahasiswa Prodi Sastra Indonesia membacakan puisi berjudul Perempuan-Perempuan Perkasa. Kegiatan seminar Hiski UNJ yang dihadiri oleh sekitar 250 peserta ini dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 dipewarai oleh Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), sekretaris Hiski UNJ yang juga Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ.

 Pada siang harinya, dilaksanakan sesi persidangan pararel pada pukul 13.00-17.00 yang tersebar pada empat ruangan persidangan pemakalah pendamping di Gedung Dewi Sartika Lantai 3 dan 4 UNJ. Masing-masing ruangan dihadiri oleh panitia sebagai moderator, penelaah, dan notulis. Para penelaah makalah yang disajikan dan moderator ialah dosen yang merupakan pengurus dan anggota Hiski UNJ. Setelah selesai seminar, para pemakalah pendamping selanjutnya akan dibimbing dalam klinik artikel yang akan dipandu oleh empat reviewer UNJ agar  dapat dimuat dalam jurnal ilmiah terindeks DOAJ. Kegiatan sesi persidangan pemakalah pendamping pun berakhir pada pukul 17.00 dengan pembagian sertifikat sebagai pemakalah atau peserta seminar.  (nlm)