Semirata 2018 BKS PTN Wilayah Barat

Semirata 2018 BKS PTN Wilayah Barat

Semirata 2018 BKS PTN Wilayah Barat

Seluruh koordinator program studi dan pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 22 September 2018 berangkat ke Palembang untuk mengikuti kegiatan Semirata 2018 BKS PTN Wilayah Barat. Semirata BKS PTN kepanjangan dari Seminar Internasional dan Rapat Tahunan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat. Selain melaksanakan Seminar Internasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya; pada 22 September 2018 juga dilaksanakan Rapat Tahunan BKS PTN Wilayah Barat yang terdiri atas 32 perguruan tinggi dari Aceh, seluruh Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, dan DKI Jakarta (UNJ). Dalam seminar pun disajikan 15 bidang ilmu dan 5 forum.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Palembang ini dibuka oleh Ketua BKS PTN Wilayah Barat, Prof. Dr. Syafir Akhlus, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Universitas Sriwijaya Palembang sebagai tuan rumah kegiatan Semirata 2018 BKS PTN Wilayah Barat.

Dari FBS UNJ, tampak hadir Dekan FBS UNJ Ibu Liliana Muliastuti didampingi semua wakil dekan FBS UNJ. Para koorprodi se-FBS pun turut serta, yaitu Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Koorprodi Sastra Indonesia, Koorprodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Koorprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Koorprodi Sastra Inggris, Koorprodi Pendidikan Bahasa Arab, Koorprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Koorprodi Pendidikan Bahasa Jerman, Koorprodi Pendidikan Bahasa Jepang, Koorprodi Pendidikan Seni Rupa, Koorprodi Pendidikan Tari, kecuali Koorprodi Pendidikan Musik dan Koorprodi Pendidikan Bahasa Mandarin yang berhalangan hadir sehingga diwakili oleh salah satu dosen dari program studi masing-masing.

Kegiatan Seminar Internasional ini menyajikan empat pembicara utama dari Indonesia, Korea, Singapura, dan Malaysia. Materi-materi yang disuguhkan pun sangat menarik dan bermanfaat. Kegiatan ini dimulai pukul 09.30 hingga 12.30. Selanjutnya sesi persidangan paralel dimulai pukul 14.00 hingga 17.30. Sementara pada saat yang sama, para pimpinan fakultas mengadakan rapat hingga petang. Malam harinya disuguhkan pertunjukan seni hingga pukul 21.30. Kegiatan Semirata 2018 BKS PTN Wilayah Barat ini pun harus berakhir pada pukul 22.00. Rombongan FBS UNJ pun bertolak kembali ke Jakarta pada Minggu, 23 September 2018. (nlm)