Seminar dan Jumpa Penyair Nusantara

Seminar dan Jumpa Penyair Nusantara

Seminar dan Jumpa Penyair Nusantara

 

Pusake Betawi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ pada Kamis, 23 Agustus 2018, pukul 13.00-17.30 menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Jumpa Penyair Nusantara di Aula CD UNJ. Sebanyak 25 Penyair Nusantara, dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura hadir sebagai tamu Pusake Betawi FBS UNJ untuk bersilaturahim dan berbagi pengalaman dengan Pusake Betawi. 

 

Kegiatan yang bekerja sama dengan Ziarah Kesenian Nusantara/Ziarah Karyawan Nusantara ini dibuka oleh Wakil Dekan III FBS Bapak Syamsi Setiadi. Wakil Dekan III memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Seminar dan Jumpa Penyair Nusantara secara resmi setelah laporan ketua panitia, Bapak Sam Mukhtar Chaniago dan sambutan pihak tamu yaitu Presiden Ziarah Kesenian Nusantara. Bapak Syamsi Setiadi sekaligus mengucapkan selamat datang di Kampus UNJ kepada para tamu, penyair, novelis, cerpenis dari Singapura, berbagai negeri di Malaysia (Perak, Kelantan, Pahang, Malaka, Kuala Lumpur, Selangor) dan dari Indonesia (Padang, Bengkulu, Depok, Bekasi, Jakarta). Suatu kehormatan bagi FBS UNJ, khususnya Pusake Betawi kedatangan para sastrawan nusantara ini. 

 

Selain seminar mengenai revitalisasi budaya melayu oleh Ketua Pusake Betawi Ibu Tuti Tarwiyah Adi dan Dato’ Nasarudin (Malaysia) yang dimoderatori oleh Bapak Erfi Firmansyah, disuguhkan pula pertunjukan pantomimik, pembacaan puisi oleh para penyair nusantara, dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Ada pula sajian musikalisasi puisi karya Bapak Sam Mukhtar Chaniago oleh Bapak Supartono, alumnus Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UNJ (IKIP Jakarta). Kehadiran tetamu ini disambut tim Gambang Pusake yang juga mengiringi kesenian gambang rancag yang disajikan Ibu Tuti Tarwiyah saat menjelaskan materi seminar kesenian gambang rancag. Kegiatan ini juga dihadiri pengurus Pusake Betawi, para koorprodi, dosen, mahasiswa, guru, dan komunitas Betawi. Pada ujung acara, para penyair nusantara ini memberikan sumbangan buku-buku karya mereka untuk menambah koleksi perpustakaan Pusake Betawi FBS UNJ. (nlm)