Gema Nusantara FBS 2018 ” Karya Kami untuk Negeri”

Gema Nusantara FBS 2018 ” Karya Kami untuk Negeri”

Gema Nusantara FBS 2018 ” Karya Kami untuk Negeri”

Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Rabu, 2 Mei 2018 menggelar hajatan akbar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) pukul 19.30-21.30 yang diketuai oleh Wakil Dekan II FBS, Ibu Dian Herdiati. Kegiatan akbar FBS yang dinamai dengan Pergelaran Gema Nusantara ini mengambil tema Aktualisasi Bahasa, Seni, dan Budaya Tradisi melalui Pendidikan. Pergelaran Gema Nusantara “Karya Kami untuk Negeri” ini melibatkan ratusan pengisi acara, yang berasal dari berbagai kalangan, baik dari UNJ maupun dari perguruan tinggi lain, yaitu tim angklung Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Yapari Bandung dan tim perupa dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Para alumni FBS pun dilibatkan berkolaborasi dengan para mahasiswa dari Prodi Pendidikan Musik dan Prodi Pendidikan Tari arahan para dosennya yaitu Bapak Ida Bagus Sudiasa, Bapak Kristiono, Ibu Rien Safrina, Ibu Dian Herdiati,Bapak Didin Supriadi, Bapak R.M. Aditya Andriyanto, Bapak Gandung Srimoko, Bapak Saryanto, dan Ibu Aprina dari Pendidikan Seni Rupa. Sebelumnya semua pengisi acara telah melaksanakan beberapa kali latihan di Aula S UNJ.

 

Pergelaran Gema Nusantara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ ini juga memberikan penghargaan kepada para tokoh Seniman Pendidik Seni, yaitu Bapak Obby Kartamiharja dan Bapak I Nyoman Suaraa; tokoh Pendidik Peduli Bahasa dan Budaya, yaitu Bapak Abdul Chaer; dan Pengusaha Peduli Seni, yaitu Bapak Siswono Yudohosudo dan Bapak Haryanto Adikusomo. Wakil Rektor I, II, III, Direktur Pascasarjana UNJ, dan Dekan FBS beserta para wakil dekannya berkesempatan memberikan penghargaan kepada para tokoh tersebut. 

 

Pergelaran yang dipewarai oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ibu N. Lia Marliana dan mawapres FBS Andrian ini menyuguhkan kolaborasi aneka musik dan tarian dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Sunda, Banyumasan, Batak, Padang, Bali, Papua. Selain itu ada pula kolaborasi angklung dengan lagu keroncong dan musik dari Batavia Chamber Orchestra. Selain itu, ada pula pembacaan puisi oleh alumnus Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Achmad Mulyadi yang diiringi musik Chamber Orchestra. Pergelaran yang megah ini mengundang para tamu kehormatan prodi-prodi di FBS. Acara meriah yang disponsori PT Fastana Buana (Good Day) dan Bank Mandiri ini berakhir dengan sangat sukses pada pukul 21.30 dengan pemberian bunga tangan bagi para koordinator panitia dan pengisi acara. (nlm)