Lokakarya Peningkatan Kualitas Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan P2M UNJ

Lokakarya Peningkatan Kualitas Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan P2M UNJ

Lokakarya Peningkatan Kualitas Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan P2M UNJ

Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian, publikasi ilmiah, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada Selasa dan Rabu, 13-14 Februari 2018, pukul 08.00-22.00 pada hari pertama dan pukul 08.00-12.00 pada hari kedua, LPPM UNJ melaksanakan kegiatan lokakarya. Lokakarya Peningkatan Kualitas Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan P2M UNJ ini dihadiri oleh para dekan dan wakil dekan I seluruh fakultas di UNJ, serta seluruh koordinator program studi (koorprodi) di UNJ. Tampak hadir, Dekan dan Wadek I FBS, serta 12 koorprodi di FBS pun turut serta. Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan di Hotel the 101 Surya Kencana Bogor, Jawa Barat.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UNJ ini mengundang narasumber Direktur Riset Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristekdikti, yaitu Bapak Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. Sebelumnya, Ketua LPPM UNJ Bapak Dr. Ucu Cahyana, M.Si. memaparkan tentang kebijakan dan peningkatan kualitas penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat. Bapak Prof. Dr. Yateman Aryanto pada petang harinya mengisi materi tentangĀ  penyusunan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sementara pada malam harinya, Plt. Rektor UNJ, Prof. Intan Achmad, Ph.D. menyampaikan paparannya terkait publikasi ilmiah.

Pada kesempatan dua hari ini, seluruh peserta menyusun roadmap atau peta penelitian, peta pengabdian kepada masyarakat, menentukan gugus publikasi ilmiah, gugus jurnal ilmiah, dan menentukan daerah binaan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. FBS dipandu oleh Dekan dan Wadek I. Fasilitator untuk FBS dari LPPM UNJ ialah Bapak Dr. Budiaman. Pada hari kedua, seluruh fakultas secara bergiliran mempresentasikan roadmapnya di hadapan seluruh peserta dan jajaran LPPM UNJ. FBS diwakili oleh Ibu Rien Safrina, Ph.D. dan Ibu Dr. Ratna Dewanti untuk mempresentasikan roadmap penelitian, publikasi ilmiah, dan P2M FBS.

Tidak hanya itu, pada kegiatan ini pun diumumkan fakultas yang memperoleh penghargaan untuk beberapa kategori. FBS meraih penghargaan peringkat kedua terbanyak dalam pengusulan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Plakat penghargaan diberikan oleh Plt. Rektor UNJ kepada Dekan FBS. (nlm)