Lokakarya Penyusunan RPS di FBS UNJ

Lokakarya Penyusunan RPS di FBS UNJ

Lokakarya Penyusunan RPS di FBS UNJ

Dalam keadaan hujan deras dan banjir pun tidak lantas menyurutkan langkah para koordinator program studi dan para dosen yang mewakili program studinya untuk datang memenuhi undangan Dekan FBS menuju Gedung E.214 untuk berlokakarya menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 15 Februari 2018, pukul 13.00-16.30.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I FBS, Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. yang sekaligus menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi RPS dengan format terbaru yang diperoleh tujuh program studi (prodi) yang meraih Hibah Perangkat Pembelajaran Ristekdikti. Di FBS, diwakili oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) yang mendapat kesempatan terlebih dulu menyusun perangkat pembelajaran lengkap, yaitu peta konsep, CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah), RPS, media powerpoint, bahan ajar, instrumen evaluasi, dan video pembelajaran.

Target bidang akademik UNJ pada awal tahun ini yaitu semua prodi menyelesaikan RPS untuk mata kuliah yang akan diampu pada semester 108. Ada beberapa perbedaan RPS tahun lalu dengan sekarang. Oleh sebab itu, pada kesempatan tersebut, Tim Hibah Perangkat Pembelajaran Prodi PBI akan menyosialisasikan RPS terbaru ini kepada semua prodi di FBS.

Tidak hanya menyosialisasikan, para peserta lokakarya sekaligus dibimbing narasumber untuk menyusun RPS. Narasumber kegiatan ini ialah Tim Hibah Perangkat Pembelajaran dari Prodi PBI, yaitu Koorprodi PBI (Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) yang mengampu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (SBM BI), Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd. (pengampu mata kuliah Apresiasi Sastra dan PMA Bahasa dan Sastra), Ibu Dra. Suhertuti, M.Pd. (pengampu mata kuliah SBM BI), Bapak Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. (pengampu mata kuliah Keterampilan Menyimak), Ibu Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd. (pengampu mata kuliah Linguistik Umum serta mata kuliah PMA Bahasa dan Sastra), dan Ibu Rahmah Purwahida, M.Hum. (pengampu mata kuliah Apresiasi Sastra). Namun sayangnya, Ibu Sri Suhita dan Ibu Rahmah Purwahida berhalangan hadir. Kegiatan ini pun ditutup oleh Dekan FBS (Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.) pada pukul 16.30. (nlm)